Mengenal Vaksin Sinochem, Efektifkah untuk Melawan Virus Corona?

Vaksin Sinochem

Vaksin Sinochem – Di penghujung tahun 2020 ini, kita memang dikagetkan dengan banyak peristiwa besar. Salah satunya yaitu kasus Covid-19 yang menyerang hampir semua bagian belahan dunia. Indonesia sendiri telah mengonfirmasi kasus pertamanya pada bulan Maret lalu. Sejak saat itulah aktivitas masyarakat Indonesia juga mengalami pembatasan secara total.

Pemberitaan mengenai hadirnya vaksin Sinochem tentu bisa menjadi sedikit angin segar. Wajar sih, karena belakangan ini pemberitaan mengenai Covid-19 dikabarkan kembali meningkat. Apalagi, beberapa kota besar seperti Jakarta juga kembali menerapkan aturan dan kebijakan baru yang lebih ketat.

Sedikit flashback ke beberapa bulan sebelumnya, tepatnya saat pemberitaan mengenai Covid-19 di Indonesia muncul. Kala itu, virus yang dikenal dengan nama Corona ini muncul sukses membuat semua orang saat itu merasa takut dan was-was. Wajar sih, karena saya pun saat itu merasakan kekhawatiran yang sama.

Hal pertama yang saya lakukan saat mendengar lonjakan pertama kasus tersebut adalah mengecek kondisi saya, apakah saya mengalami gejala-gejala Covid-19 atau tidak. Karena kebetulan saat itu tes PCR atau Swab masih mahal dan belum banyak tersedia, tentu saya pun akhirnya konsultasi secara online di Halodoc.

Saat itu, Halodoc bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan menyediakan layanan konsultasi online yang memuat beberapa pertanyaan mengenai kondisi yang kita rasakan saat itu. Setelah menjawab beberapa pertanyaan, hasilnya yang tertera sih saya tidak ada indikasi mengarah kesana. Memang saat itu yang mendapat pengawasan ketat adalah orang-orang yang habis bepergian dari luar negeri dan orang yang mengalami panas tinggi. Sedangkan saya saat itu merasa tidak memiliki gejala apapun.

Mengenal Vaksin Sinochem untuk Melawan Virus Covid-19

Kembali ke pemberitaan mengenai vaksin Sinochem. Sebelumnya, vaksin ini memang telah diuji klinis di Indonesia. Perlu diketahui, vaksin tidaklah sama dengan obat. Vaksin berperan sebagai zat aktif atau yang dikenal dengan antigen terhadap bakteri ataupun virus, sehingga diharapkan orang yang mendapat suntikan vaksin tersebut akan menghasilkan reaksi sistem kekebalan tubuhnya dalam melawan serangan virus tersebut.

Vaksin Sinochem sendiri berasal dari Tiongkok. Salah satu hal yang menggembirakan yaitu katanya vaksin Sinochem ini sudah sukses melewati tahap I dan II. Pengujiannya sendiri dilakukan terhadap 1000 orang lebih.

Perkembangan pengujiannya kini sedang memasuki tahap ke III. Bisa dibilang, tahap terakhir ini merupakan tahap yang paling menentukan. Semoga saja pengujiannya sukses dan tidak ada efek samping yang muncul kedepannya.

Informasi yang beredar juga menyatakan jika tahap III ini berhasil, maka vaksin Sinochem akan melakukan pemeriksaan kembali oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Tidak hanya pemeriksaan, BPOM kedepannya juga akan berperan sebagai pengawas hingga akhirnya vaksin bisa didistribusikan oleh masyarakat luas.

Untuk awal, pihak pemerintah mengatakan jika akan mendahulukan beberapa pihak yang membutuhkan, mulai dari tenaga kesehatan, ASN, dan lain-lain.

Meskipun kemajuan vaksin Sinochem sudah menunjukkan hasil yang cukup positif, namun kita juga harus tetap menjaga penyebaran virus tersebut agar tidak lebih besar. Selain menerapkan protokol kesehatan, menjaga imun dan kesehatan tubuh juga harus dilakukan.

Menjaga protokol kesehatan sebenarnya tidaklah sulit. Hanya saja, terkadang kita kurang peka dan peduli dengan hal itu. Awalnya, penerapannya terhitung cukup sukses. Setiap orang mulai rajin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, hingga tidak keluar rumah jika tidak diperlukan.

Namun, semakin kesini, banyak yang mulai kurang peduli dengan penerapannya. Nah, kebiasaan-kebiasaan yang dulu sudah dilakukan namun mulai ditinggalkan ini bisa membuat orang-orang terlena. Tiba-tiba kasus Covid-19 pun kembali tinggi.

Sambil menunggu perkembangan vaksin Sinochem, alangkah baiknya jika kita kembali memperhatikan protokol kesehatan dan menjaga kebiasaan dan kebersihan yang dulu rutin kita lakukan.

Jangan lupa juga jaga pola makan dengan makanan sehat dan bergizi agar kondisi tubuh tetap fit dan imun tubuh tetap kuat. Lakukan juga olahraga secara rutin. Jika tidak memungkinkan olahraga outdoor, olahraga sederhana seperti yoga di rumah juga bisa kamu lakukan. Hal yang terpenting, lakukan secara rutin agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

Semoga pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir, dan penerapan vaksin Sinochem di Indonesia juga sukses dan bisa didapatkan oleh semua masyarakat Indonesia, sehingga kita bisa melakukan kegiatan dan aktivitas seperti sedia kala lagi. Memangnya, kamu nggak kangen ngumpul dan hangout bersama teman kantor dan teman sekolah?

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *