7 Things That Keep Me Sane During the Pandemic

9 Things That Keep Me Sane During the Pandemic

Kalau dihitung-hitung, mungkin sudah hampir 4 bulan kita #diRumahAja. Semua orang pastinya sudah memasuki fase oke santai di rumah – sedikit bosan – bosan sedikit (hehe) – bosan banyak (hehehehehe) – oke rileks – nikmati, jalani hobi di rumah – bingung, jenuh, stres – kesal, marah – oke, tenang – begitu terus sampai sekarang.

Sebagai manusia biasa, itu sangat wajar. Mengingat banyak orang yang biasa sibuk di luar rumah, tiba-tiba harus berdiam diri di rumah. Belum lagi, sambil menyaksikan berita-berita sedih dan agak mengerikan di TV, media sosial, dan lain sebagainya. Jadi, harus pintar-pintar menjaga diri agar tetap ‘waras’ nih walaupun di rumah saja~

Saya sendiri masih terus struggling menghadapi hari-hari selama pandemi Covid-19 ini, dan tentunya kamu juga, bukan? Nah, sekadar curhat sekaligus mengenang kegiatan-kegiatan yang sudah dikerjakan selama pandemi ini, setidaknya ada tujuh hal yang sudah saya lakukan di rumah.

1. Kerja, biar tetap waras dan cuan tetap jalan

things-that-keep-me-sane-during-the-pandemic-1

Dih, semua orang juga kerja kali! Sayangnya, saya kebetulan baru banget resign dari tempat lama saya bekerja di bulan Februari. Pas Maret tiba, eh Corona. Nggak keburu cari kerja lagi, tapi tetap harus hidup. Belum lagi saya dengar banyak teman yang bekerja lalu terkena PHK karena efek pandemi ini. Jadi, solusinya apa? Supaya tetap waras, saya terus cari ‘kerjaan’ yang bisa dikerjain. Kerja tuh nggak harus di office lho, ya. Lagi pula, kantor mana yang buka selama Corona? Terus, caranya gimana?

Kebetulan, sebelum pandemi pun saya giat cari kerjaan freelance atau sidejob. Jadi, pas sadar kalau pandemi ini akan berlangsung lama dan saya sedang ada di posisi baru resign dari kantor, langsung deh saya browsing kerjaan freelance yang berhubungan dengan bidang pekerjaan saya sebelumnya, yaitu content writing dan SEO. Alhamdulillah, hingga saat ini, setiap bulannya ada 2-3 proyek yang bisa saya kerjakan.

Nah, kalau nggak nemu kerjaan freelance gimana, dong? Kalau kamu jago dagang, kamu juga bisa mulai bikin-bikin dagangan yang bisa kamu jual, lho. Tenang, saya dan suami pun sempat jualan online barang dagangan suami dan alhamdulillah, kurir pengiriman masih tetap buka selama pandemi berlangsung. Kamu bisa cari-cari insprirasi berdagang di media sosial atau rencana-rencana yang sudah lama banget pengen kamu wujudin. Tapi, bagi kamu yang masih punya kerjaan full time dan setiap harinya sibuk dengan meeting online, harus pintar bagi-bagi waktu, ya!

2. Ikut webinar atau kelas online

things-that-keep-me-sane-during-the-pandemic-2

Selama masih kerja full time di kantor, saya nggak pernah sempat ikut pelatihan-pelatihan bahkan webinar sekalipun. Nah, selama pandemi dan nggak bisa tatap muka langsung sama orang, kebetulan banyak sekali lembaga-lembaga yang membuka webinar atau kelas online. Misalnya saja yaitu Getcraft dan Glints. Kebetulan lagi, mereka sering banget buka kelas online tentang digital marketing yang memang saya minati juga. Selain itu, ada juga Skill Academy untuk durasi kelas online yang lebih lama. Kamu bisa pilih topik yang memang kamu minati. Ikut webinar atau kelas online seperti ini, lumayan banget buat ngasih insightinsight baru ke kerjaan kita.

3. Masak!

things-that-keep-me-sane-during-the-pandemic-3

Lho, tadi bahas kerjaan, kok tiba-tiba bahas masak? Sesuai judulnya, masak termasuk salah satu kegiatan yang saya lakukan di rumah selama pandemi agar tetap waras. Sejujurnya, waktu masih kerja full time di kantor, saya jarang sekali masak (mana sempat, keburu lelah pulang-pergi naik kereta commuter line Bogor-Jakarta setiap pagi dan pulang malam). Jadi, selama masa pandemi dan nggak bisa kemana-mana (juga masih takut beli makanan di luar), saya jadi sedikit rajin masak.

Bahan-bahan untuk memasaknya beli dimana? Nah, karena pandemi, pastinya tukang sayur jadi agak jarang. Kamu bisa beli bahan-bahan untuk memasak secara online, misalnya saja di aplikasi Sayurbox. Selain Sayurbox, kalau kamu rajin browsing di internet atau media sosial, ternyata banyak juga lho supermarket yang menyediakan belanja online selama pandemi. Kalau yang ini, kamu bisa cek website atau media sosial masing-masing supermarket tersebut, atau bisa juga melalui aplikasi HappyFresh.

Belum lagi, selama pandemi ini juga banyak sekali teman kita yang berjualan frozen food secara online, bukan? Hitung-hitung bantu, sesekali boleh kok masak frozen food. Untuk memasak sayur dan sebagainya, saya banyak belajar dari aplikasi Cookpad. Aplikasi Cookpad sangat membantu sekali bagi pemula seperti saya yang baru belajar masak.

Kalau bosan masak, sesekali boleh juga kok beli makanan lainnya yang teman kita jual agar lebih bervariasi. Hitung-hitung silaturahmi selama pandemi juga, kan?

4. Berbagi ke sesama

things-that-keep-me-sane-during-the-pandemic-4

Kebaikan itu menular, sumpah. Kenapa? Pernah merasa stres, bosan, dan jenuh di rumah? Coba ingat lagi, masih mending lho kamu punya rumah. Di luar sana, banyak orang yang homeless dan rentan terpapar virus corona, atau banyak keluarga yang ekonominya jadi terganggu karena efek pandemi corona karena salah satu anggota keluarganya jadi korban PHK. Duh, kalau dipikirin, banyak banget, deh!

Nah, daripada mengeluh, waktu itu saya sempat secara tidak sengaja melihat badan amal yang sedang mengajak sedekah. Saat itu, saya sadar kalau mungkin saya sudah jarang sedekah dan sebagainya. Ternyata, setelah sedekah, hati dan pikiran saya jadi ikut lebih tenang. Selain sedekah untuk orang lain, kita juga bisa berbagi dengan keluarga dan teman-teman dekat, lho. Misalnya saja dengan mengirimkan makanan atau hampers saat Lebaran kemarin. Hasilnya? Hati dan pikiran saya jadi lebih lega setelah berbagi ditambah bonus silaturahmi tersebut.

5. Nonton Netflix atau main games sepuasnya

things-that-keep-me-sane-during-the-pandemic-5

Nonton Netflix sudah biasa, tapi tetap menyenangkan dilakukan selama pandemi ini. Selain Netflix, juga main games! I’m not a gamers, tapi jujur main games benar-benar bisa mengurasi rasa bosan dan stres jika dilakukan selama pandemi ini. Entah mengapa saya jadi rajin cari-cari games seru di Steam dan main The Sims lagi. Bahkan, saya sempat download games Ludo King di HP dan main bareng suami.

6. Belajar (dan belanja) skincare dan makeup

things-that-keep-me-sane-during-the-pandemic-6

Selama ini cuma coba-coba skincare dan makeup yang aman dan sesuai kebutuhan. Nah, selama pandemi ini, selain menjadikanku seorang koki yang agak rajin memasak, juga membawaku menonton video-video Youtube Beauty Vlogger menjadi lebih serius. Kegabutan selama pandmi bikin pengen coba-coba skincare dan makeup baru nggak, sih? Jadi, checkout belanjaan terus, deh. Terima kasih untuk Sociolla dan Shopee yang juga telah menemani masa pandemiku.

7. Quality time

things-that-keep-me-sane-during-the-pandemic-7

Nah, poin ini paling penting banget, nih. Untuk yang sudah punya anak, kalau biasanya jarang bertemu anak karena harus bekerja seharian di kantor, tentunya jadi bisa lebih sering ketemu anak. Lalu, untuk yang tinggal dengan orang tua, tentunya juga jadi bisa quality time lagi dengan orang tuanya. Nah, begitu juga dengan saya. Kalau selama ini saya bekerja full time di kantor dan suami berdagang sehingga hanya bertemu di pagi dan malam hari, karena pandemi ini, kami jadi bisa lebih sering quality time. Ternyata, pandemi ada hikmahnya juga.

Tapi, tetap sih, semoga pandemi ini cepat berlalu dan sektor ekonomi serta kesehatan bisa kembali normal seperti sedia kala, ya!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *