Mengapa Kita Perlu Scaling Gigi Secara Berkala?

Mengapa Kita Perlu Scaling Gigi Secara Berkala?

Untuk kamu yang belum tahu, scaling gigi adalah sebuah prosedur atau tindakan medis yang dilakukan untuk membersihkan karang pada seluruh permukaan gigi, termasuk pada bagian bawah gusi. Proses pembersihan karang gigi ini bisa dilakukan dengan alat scaling manual maupun dengan alat ultrasonic scaler. Namun, yang saat ini lebih sering digunakan oleh klinik gigi yaitu ultrasonic scaler.

Scaling gigi menggunakan alat ultrasonic scaler dilakukan melalui gaya getar. Getaran tersebut akan membantu karang terlepas dari permukaan gigi maupun gusi. Lantas, kenapa sih kita perlu melakukan scaling atau pembersihan karang gigi?

Mengapa kita perlu melakukan scaling gigi?

Alasannya sederhana. Scaling gigi perlu dilakukan untuk memperbaiki penampilan gigi yang terganggu akibat karang gigi yang menumpuk. Selain itu, manfaat scaling gigi juga untuk menangani beberapa masalah atau penyakit pada gusi. Pembersihan karang gigi ini bisa dilakukan secara berkala oleh dokter gigi, setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Nah, dengan melakukan scaling gigi, manfaatnya adalah kita bisa menjaga kesehatan mulut, gigi, dan gusi secara teratur. Tentunya hal ini juga bisa mencegah kemungkinan timbulnya masalah gigi dan gusi serta penyakit lainnya di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Aplikasi yang Bisa Memudahkan Hidup Kamu Selama #DiRumahAja.

Lalu, berapa harga atau biaya scaling gigi?

Harga atau biaya scaling gigi biasanya berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini dikarenakan tergantung dari banyaknya karang gigi yang dimiliki. Perbedaan harga scaling gigi pada setiap klinik gigi juga bisa berbeda-beda, tergantung fasilitas kesehatan gigi serta alat yang digunakan. Tapi, secara umum, harga atau biaya scaling gigi dimulai dari Rp200.000 hingga Rp400.000.

Seberapa sering kita harus melakukan scaling gigi?

Setelah melihat perkiraan harganya, mungkin kamu akan berpikir, “Wah, lumayan pricey juga, ya?” Tidak perlu khawatir, sebab kamu bisa melakukan scaling gigi setiap 6 bulan sekali saja. Kegiatan pembersihan karang gigi ini tidak perlu kamu lakukan setiap minggu atau setiap bulan.

Bagi pengguna kawat gigi, pembersihan karang gigi biasanya akan dilakukan lebih sering. Setiap melakukan kontrol kawat gigi 1-2 bulan sekali, dokter gigi akan sekaligus melakukan pembersihan karang gigi. Hal tersebut dilakukan karena gigi yang dipasangi kawat tentu akan lebih mudah kotor akibat banyaknya celah gigi yang sulit dibersihkan. Oleh karena itu, karang gigi lebih mudah terbentuk.

Seperti apa hasil scaling gigi?

Bagi kamu yang masih bingung, setelah prosedur scaling gigi berhasil dilakukan, gigi kita akan menjadi lebih bersih sehingga gusi dapat menempel dengan sempurna pada gigi. Risiko kerusakan gigi maupun gusi pun dapat berkurang.

Apa saja yang perlu diperhatikan setelah melakukan pembersihan karang gigi? Setelah selesai melakukan scaling gigi, kita disarankan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut guna mencegah penyakit gusi yang berulang atau semakin parah.

Misalnya saja dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari menggunakan sikat gigi berbulu halus, membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss, mengonsumsi makanan-makanan sehat, tidak merokok, serta rutin mengontrol kesehatan gigi ke dokter.

Baca Juga: 7 Things That Keep Me Sane During the Pandemic.

Di mana kita bisa melakukan scaling gigi?

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, mungkin kamu bertanya-tanya, di mana kita bisa melakukan scaling gigi? Kamu bisa mendatangi dokter gigi langganan kamu di rumah sakit maupun klinik gigi. Baik dokter gigi di rumah sakit maupun klinik, keduanya biasanya menyediakan fasilitas untuk membersihkan karang gigi.

Salah satu klinik gigi tepercaya di Jakarta yang bisa kamu datangi yaitu Happy Dental Clinic Green Pramuka Square. Selain scaling gigi, klinik ini juga menyediakan layanan atau servis untuk veneer dan implant gigi, dental whitening, pemasangan kawat gigi, serta dokter-dokter spesialis gigi berkualitas yang bisa menangani masalah gigi, gusi, dan mulut pada anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Nah, saya sendiri sudah dua kali melakukan pembersihan karang gigi sejak tahun kemarin. Tidak ada kata terlambat untuk menjaga kesehatan gigi. Tapi, kalau kamu masih ragu dan bingung, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi. Supaya lebih mudah, kamu juga bisa berkonsultasi secara online dengan dokter-dokter spesialis gigi tepercaya di aplikasi Halodoc. Yuk, jangan takut lagi untuk mencoba scaling gigi!

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *