Manfaat Kacang untuk Kesehatan Saat Ramadhan

Manfaat Kacang untuk Kesehatan Saat Ramadhan

Manfaat Kacang untuk Kesehatan Saat Ramadhan – Kalau kamu terbiasa mengonsumsi kurma saat Ramadhan, ini saatnya kamu juga mencoba mengonsumsi kacang-kacangan. Hal ini dikarenakan manfaat kesehatan yang dimiliki kacang yang luar biasa. Di bulan Ramadhan, orang-orang Mesir mengonsumsi berton-ton ragam jenis kacang-kacangan. Mari kita simak beberapa pendapat para ahli yang dirangkum dari Ahram.org.

Pada tahun 2013 saja, orang-orang mesir bisa menghabiskan hingga LE 3,7 miliar untuk makanan tahunan keluarganya di bulan Ramadhan. Sementara itu, biaya orang mesir beli camilan sehat kacang impor telah mencapai $ 100 juta.

Mengonsumsi makanan berat telah dikaitkan dengan bulan suci selama beberapa dekade ini, terlepas dari beban ekonomi yang dibebankan pada masyarakat secara keseluruhan dan anggaran setiap keluarga Mesir, yang seringkali berjuang untuk memenuhi kebutuhan, terutama dalam keadaan saat ini.

Lompatan konsumsi juga terjadi setiap tahun, terlepas dari bahaya kesehatan yang seiring dengan meningkatnya jumlah makanan yang kita makan. Satu-satunya pengecualian, pada tingkat kesehatan, tampaknya adalah bermacam-macam kacang yang biasa dikonsumsi orang Mesir di bulan Ramadhan, baik sendiri ataupun sebagai bahan makanan penutup oriental. Pakar kesehatan memuji tentang manfaat setiap jenis kacang.

Manfaat Kacang untuk Kesehatan Menurut Para Ahli

Dr Fawzi El-Shobaky, profesor nutrisi di National Research Center, mencantumkan nutrisi sehat dalam kacang-kacangan sebagai berikut.

  • Kacang Pistachio: Sarat dengan vitamin dan bahan peningkat kekebalan lainnya, seperti mangan, yang meningkatkan metabolisme, magnesium, yang baik untuk tulang, tembaga, yang sangat bermanfaat untuk sistem kardiovaskular, vitamin A, yang baik untuk penglihatan, dan tuan rumah dari berbagai jenis vitamin B, yang berguna untuk kekebalan tubuh.
  • Kacang Almond: Sumber vitamin E yang kaya, yang baik untuk tulang, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan menjaga kadar gula dalam darah, serta mengandung besi dan tembaga.
  • Kacang Walnut: 117 gram kacang ini mengandung 765 kalori. Kacang kenari juga dijuluki sebagai “makanan para dewa”. Jenis kacang ini adalah sumber omega E dan antioksidan melatonin yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, kacang ini juga kaya akan vitamin dan protein.
  • Kacang Tanah: Sumber protein dan natrium bebas transfats, yang juga mengandung magnesium, niasin, fosfor, vitamin E, dan serat.
  • Kacang Hazelnut: Baik untuk jantung dan mengandung omega 7.
  • Kacang Mete: Selain manfaat kacang-kacangan secara umum, kacang mete juga membantu mengobati sakit maag dan merupakan sumber seng yang kaya.

Kenali Nilai Gizi pada Setiap Jenis Kacang-kacangan Berikut Ini

  • Kacang Almond: 143 gram mengandung 822 kalori.
  • Kacang Kenari: 117 gram mengandung 765 kalori.
  • Kacang Pistachio: 100 gram mengandung 562 kalori.
  • Kacang Hazelnut: 135 gram mengandung 848 kalori.
  • Kacang Tanah: 28 gram mengandung 166 kalori.
  • Kacang Mete: 28 gram mengandung 163 kalori.

Manfaat Kacang untuk Kesehatan Tubuh

Dr Ahmed El-Said, konsultan pengobatan obesitas dan berat badan, mengatakan bahwa FDA AS (Food and Drug Administration) menyetujui tujuh jenis makanan sebagai faktor alami yang menurunkan risiko penyakit jantung. Ini termasuk kacang almond, pecan, pistachio, hazelnut, walnut, kacang pinus, serta kacang tanah.

El-Said menekankan bahwa secara umum semua kacang-kacangan kaya akan serat, protein, vitamin E, omega 3, dan lemak tak jenuh yang menurunkan kolesterol jahat dalam darah, faktor utama penyakit jantung.

Ia menambahkan bahwa ada semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa memasukkan kacang-kacangan dalam makanan seseorang, maka dapat melawan radikal bebas dalam darah dan mengurangi risiko kanker, karena adanya selenium, asalkan kita memastikan untuk membeli kacang-kacangan dari gerai tepercaya di mana mereka sehat, disimpan dan dijauhkan dari polutan dan kotoran.

Siapkan Selalu Kacang-kacangan untuk Momen Ramadhan Tahun Ini!

Selamat bulan Ramadhan, jangan lupa untuk siapkan selalu kacang-kacangan sebagai pendamping makanan puasa kamu tahun ini. Rasakan keunggulan manfaat kesehatan kacang di setiap gigitannya.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *