Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin B Complex

Makanan yang Mengandung Vitamin B Complex

Makanan yang Mengandung Vitamin B Complex – Tahukah kamu jika vitamin B complex memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh kita? Manfaat vitamin B complex tersebut yaitu mulai dari meningkatkan energi, meningkatkan fungsi otak, hingga menurunkan kolesterol dan mencegah penuaan dini. Vitamin B complex sendiri terdiri dari vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (pyridoxine), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (cobalamin). Lantas, darimana kita bisa mendapatkannya? Ini dia beberapa makanan sumber vitamin B complex yang bisa kamu coba.

Makanan yang Mengandung Vitamin B Complex

Ingin merasakan manfaat dari vitamin B complex? Asupan vitamin B complex tersebut bisa kamu dapatkan dari sumber-sumber makanan berikut ini.

1. Vitamin B1 (thiamin)

Vitamin B1 sangat diperlukan oleh tubuh karena dapat mencegah penyakit beri-beri. Vitamin B1 atau thiamin sendiri bisa kamu dapatkan dari roti, sereal, pasta, sayuran berwarna hijau seperti bayam, selada, dan kubis), kacang kedelai, biji-bijian, ikan, telur, susu, gandum, ragi, dan kacang-kacangan.

2. Vitamin B2 (riboflavin)

Vitamin B2 baik bagi kesehatan mata, karena dapat mencegah penyakit katarak. Sumber makanan terbaik dari vitamin B2 atau riboflavin yaitu ayam, ikan, telur, susu, kacang polong, yoghurt, keju, sayuran berwarna hijau, dan juga sereal.

3. Vitamin B3 (niacin)

Vitamin B3 dibutuhkan oleh tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi. Sumber makanan terbaik untuk vitamin B3 atau niacin adalah ayam, salmon, tuna, pasta gandum, dan juga biji-bijian.

4. Vitamin B5 (asam pantotenat)

Vitamin B5 dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan hormon yang diperlukan untuk pertumbuhan. Vitamin B5 atau asam pantotenat sendiri bisa ditemukan dalam yoghurt, buah alpukat, jamur, dan juga brokoli.

5. Vitamin B6 (pyridoxine)

Vitamin B6 dapat membantu mengatur suasana hati kamu. Vitamin yang satu ini dapat membantu tubuh kamu memproduksi serotonin (hormon bahagia), melatonin (hormon tidur), dan norepinefrin (hormon adrenalin). Sumber makanan vitamin B6 atau pyridoxine ini sendiri yaitu kentang, buncis, daging merah, daging unggas, telur, serta sereal.

6. Vitamin B7 (biotin)

Vitamin B7 dapat mengatur metabolisme asam lemak di dalam tubuh. Sumber makanan vitamin B7 atau biotin ini yaitu hati, telur, salmon, daging babi, serta buah alpukat.

7. Vitamin B9 (asam folat)

Selanjutnya ada pula vitamin B9 yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Sumber vitamin B9 atau asam folat ini antara lain, sayuran berwarna hijau, hati, serta buah-buahan segar.

8. Vitamin B12 (cobalamin)

Terakhir yaitu vitamin B12 yang sangat dibutuhkan oleh kamu yang kekurangan sel darah merah atau biasa disebut anemia. Jika kamu membutuhkan vitamin B12 atau cobalamin ini, kamu bisa mengonsumsi daging, ikan, produk susu, daging unggas, keju, dan juga telur.

Itulah berbagai makanan yang mengandung vitamin B complex cukup tinggi. Pastikan kamu telah memenuhi kebutuhan seluruh vitamin tersebut setiap hari, ya!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *