Jajan dan Jalan-Jalan di Surabaya

Jajan dan Jalan-Jalan di Surabaya

After a looong time no update this blog, finally punya ide cerita untuk di-share hehe. Minggu ini agak absurd karena banyak dihabiskan di rumah. Padahal, minggu lalu masih bersenang-senang di Surabaya. Si kota yang katanya punya matahari lebih dari satu karena cuacanya yang panas.

Tapi nggak apa-apa, karena ternyata Surabaya punya segudang makanan enak. Setidaknya pas saya kesana, akhirnya berhasil cobain beberapa kuliner yang katanya legendaris di sana.

1. Soto Ayam Cak Har, Surabaya

Pusat: Jl. Arief Rahman Hakim No. 136, Sukolilo, Surabaya.

Cabang: Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.220, Semolowaru, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60117.

Soto Ayam Cak Har, Surabaya

Pertama, ada Soto Ayam Cak Har. Dari sekian hasil pencarian Google tentang ‘soto ayam Surabaya’ yang saya cari di Google, soto yang satu ini banyak sekali yang rekomendasiin. Jadi, pada hari kedua di Surabaya, saya dan suami langsung aja kesini. Ternyata benar kata orang-orang, rasanya super enak, gurih, dan koyanya juga nggak main-main. Langsung disediain setoples besar di setiap meja.

Pertama saya cobain soto ini yang di Jl. Dr. Ir. H. Soekarno atau Jalan Mer, alias di cabangnya. Tempatnya besar, parkiran luas, dan memang ramai sekali. Tapi, di hari ke sekian di Surabaya, saya dan suami memutuskan untuk makan lagi di tempat pusatnya. Walaupun tempatnya lebih kecil, tapi rasanya sama-sama enak. Mungkin karena si pusatnya ini dekat dengan perkantoran dan saya datang pas jam makan siang, jadi ramainya sama orang yang lagi istirahat kerja.

2. Zangrandi Ice Cream, Surabaya

Pusat: Jl. Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271.

Zangrandi Ice Cream, Surabaya

Kedua ada Zangrandi Ice Cream. Toko es krim yang katanya udah legendaris di Surabaya ini, cuma ada di satu tempat, yaitu di pusatnya di Jl. Yos Sudarso, pas seberang kantor DPRD Surabaya dan seberang alun-alun baru Surabaya. Katanya sih ada cabangnya juga, cuma saya kurang tahu dimana. Dan yang terkenal sih di sini.

Bodohnya, saat hari kedua di Surabaya, saya dan suami sudah jalan-jalan ke alun-alun baru di Surabaya, tapi kita nggak ngeh ada toko es krim ini (atau mungkin belum buka). Barulah saat sorenya saat main ke sini.

Nuansanya zaman dulu ya. Cita rasa es krimnya juga otentik. Saya dua kali ke sini. Pertama cobain Nutty Monkey Ice Cream-nya dan yang kedua cobain Avocado Mocca Ice Cream, lalu suami saya juga cobain Banana Split-nya. Semuanya enak! Kalau weekend pasti ramai ya. Tapi karena kita datang kesana saat weekday, alhasil sepi dan nyaman sekali untuk duduk-duduk sore di sana. Pasti bakal ke sini lagi, sih.

3. Bebek Sinjay, Bangkalan, Madura

Pusat: Jl Raya Ketengan KM.21, Bangkalan, Madura.

Cabang: Jl. Raya Ketengan No.45, Junok, Tunjung, Kec. Burneh, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69121.

Bebek Sinjay, Bangkalan, Madura

Pengalaman paling epic selama perjalanan ke Jawa Timur, yaitu nyeberangin Jembatan Suramadu cuma buat cobain Bebek SInjay di Bangkalan, Madura. Walaupun ini bukan di Surabaya, tapi nggak apa-apa lah ya diceritain juga.

Saya dan suami sungguh sok tahu ingin nyeberang ke Madura. Awalnya kita berniat naik bus atau kendaraan umum lainnya, tapi karena minimnya informasi, akhirnya kita mutusin untuk naik Go-Car! Untung aja bapak Go-Car sungguh baik kasih info ke kita kalau di sana belum bisa pesan kendaraan online. Akhirnya beliau mau anter sekaligus pulangin kita lagi ke Surabaya. Dan karena sudah jam makan siang, akhirnya saya ajak juga bapaknya untuk makan di sini.

Pengalaman nggak terlupakan karena Jembatan Suramadunya bagus, tapi sayang Pulau Maduranya masih sepi dan belum terlalu terurus. Alhamdulillah jauh-jauh datang kesana, bebek Sinjay-nya juga enak. Pakai sambal mangga yang pedas dan segar. Sejujurnya masih pengen makan lagi tapi lokasinya sungguh jauh. Jadi sekali-kali aja ya hehe.

4. All Time Buns, Surabaya

Pusat: Jl. Tunjungan, Kedungdoro, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur.

All Time Buns, Surabaya

Kuliner yang satu ini mungkin belum legendaris-legendaris banget, tapi lagi hits di kalangan anak muda Surabaya. Desain tempatnya unik, ala 80s. Dan rasa burgernya juga enak (sorry, kita reviewnya enak-enak terus :P).

Dan karena kita kesana pas malam hari, jadi wajar banget banyak anak muda nongkrong. Jalan Tunjungannya sendiri sepi sekali yah. Saya kira tadinya akan ramai seperti di Malioboro atau di instagram orang-orang hehe.

5. Cakue Peneleh, Surabaya

Pusat: Pasar Atom, Jl. Bunguran No.45, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60161.

Cabang: Pakuwon Trade Center, Lantai Upper Ground Jl. Puncak Indah Lontar No. 2, Wiyung, Surabaya.

Cakue Peneleh, Surabaya

Back to kuliner legendaris Surabaya. Bangga sekali akhirnya cobain ini, dan atas rekomendasi Mas Dito, senior di Bukalapak. Pertama kali liat instagramnya, sudah ngiler liat makanan-makanannya. Eh bener aja, pas saya ke pusatnya di Pasar Atom, rasanya saya ingin beli semua dan akhirnya kalap!

Hari selanjutnya saya masih penasaran sama cakue isi udang dan sayurnya, lalu beli melalui WhatsApp dan diantar ke hotel. Sungguh fast respon. Dan yang nggak bisa saya lupain sih Wedang Ronde dan Bakpao Kacang Tanah serta Bakpao Tausa Hitamnya yang nostalgic. Rasanya bener-bener enak dan ingetin memori ke masa kecil. Akhirnya saya beli online lagi untuk oleh-oleh orang rumah. Asli sih, kalau ke Surabaya pasti saya ke Pasar Atom lagi.

6. Nihonmaru Ramen, Surabaya

Pusat: Komplek Darmo Park II, Surabaya.

Cabang: Praxis, Surabaya.

Nihonmaru Ramen, Surabaya

Kuliner yang satu ini lagi-lagi kuliner yang lagi hits, nih. Lantaran katanya, yang buat ramennya adalah orang Jepang langsung! Pertama saya cobain di cabangnya di Praxis. Tempatnya besar ya, dan hits hehe alias banyak anak muda. Kali keduanya, saya cobain datang ke pusatnya di Komplek Darmo Park II. Tempatnya lebih kecil tapi tetap ramai sekali. Banyak mobil berdatangan.

Untuk rasanya sendiri sama-sama enak. Saya suka Miso dan Soyu Ramennya, sedangkan suami saya suka Gekikara Ramennya. Untuk kamu yang suka pedas wajib coba Gekikara Ramennya, ya!

7. Katalokopi, Surabaya

Cabang: Jl. Dharmawangsa No.98A, RT.009/RW.04, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60286.

Katalokopi, Surabaya

Kalau lagi traveling, saya selalu pengen cobain salah satu kopi lokalnya. Ya meskipun saya nggak ngerti-ngerti banget soal kopi-kopian, tapi supaya nggak penasaran aja, sih!

Akhirnya saya cobain Katalokopi, pesan di Go-Food karena ada kopi rum-nya. Saya beli kopi rum dan kopi susu biasanya, dan harganya murah. Kalau nggak salah nggak nyampe 15 ribu, deh! Lumayan sih buat nemenin makan Bakpao Kacang Tanahnya Cakue Peneleh.

8. Ayam Goreng President, Surabaya

Pusat: Jl. Tidar No.22, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur 60251.

Ayam Goreng President, Surabaya

Terngakak. Karena saya begitu penasaran dengan ayam goreng legendaris Surabaya yang satu ini. Di penghujung liburan, saya bela-belain jalan kaki kesini sama suami. Lumayan deket juga sih dari hotel.

Dia baru buka sore, jadi kami kesini malamnya. Dan tidak menyediakan debit ya, jadi harus bawa uang cash! Tapi kalau lupa bawa cash, di seberangnya ada ATM kok. Kami pesan ayam goreng, cumi, dan sayur asemnya. Kami lumayan kaget sama sayur asemnya karena beda dengan sayur asem Sunda. Tapi kami cukup familiar sih karena pernah menemukan sayur asem seperti ini juga di Malang. Intinya kami cukup surprise dengan porsinya, tapi worth it lah dengan harganya. Mungkin kapan-kapan bisa kesini lagi.

Intinya, di Surabaya itu banyak makanan enak-enak! Kalau ke Surabaya lagi sih saya mau explore kulinernya lagi. Kemarin saya banyak stay di Surabaya Pusat. Mungkin di Surabaya Barat, Selatan, atau Utara ada kuliner yang menarik lainnya lagi?

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.