Fungsi Vitamin B Complex untuk Menjaga Sistem Imun Selama Corona

Fungsi Vitamin B Complex

Fungsi Vitamin B Complex – Tidak pernah ada yang menyangka, dunia akan diserang virus hingga lebih dari satu tahun. Dunia di sini artinya berbagai negara berjuang melawan virus. Indonesia termasuk yang sedang dihantui virus yang dikenal Covid-19 saat ini.

Ahli kesehatan sering mengatakan kunci menghadapi virus ini adalah imun yang kuat. Kekuatan imun sebetulnya bisa terbangun dengan sendirinya kalau kamu memperhatikan asupan gizi untuk tubuhmu. Ada satu nutrisi yang penting untuk tubuh, yaitu vitamin B complex.

Vitamin banyak jenisnya, tapi vitamin B complex akan sangat membantu di masa pandemi. Kalau diuraikan, vitamin ini terdiri dari vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (pantothenic acid), B6 (pyridoxine), B7 (biotin), B9 (folic acid), dan B12 (cobalamin). Mari menelisik fungsi vitamin B complex, terutama manfaat baiknya selama pandemi Corona saat ini.

Fungsi Vitamin B Complex untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sistem imun yang kuat bisa datang dari peran atau fungsi vitamin B complex. Semasa Corona, vitamin ini sangat diperlukan agar tubuh selalu sehat.

Fungsi vitamin B complex semasa Corona ini benar-benar esensial. Daya tahan tubuhmu bisa ditingkatkan dengan asupan dari vitamin ini. Vitamin B6 lah yang memiliki peran besar untuk itu.

Studi menunjukkan bahwa respon imun karena produksi antibodi menurun karena tubuh yang kekurangan vitamin B6. Selain membantu dalam produksi sel untuk sistem kekebalan tubuh, vitamin B6 juga diperlukan untuk sel-sel darah merah. Vitamin B6 akan mengontrol kadar homosistein dalam darah.

Di sisi lain, vitamin B6 juga mampu membantu menyerap vitamin B complex lainnya, yaitu B12. Selain dapat membantu metabolisme tubuh, vitamin B12 juga memiliki efek langsung meningkatkan imunitas tubuh.

Kalau kamu kekurangan vitamin B12, respon imun juga akan menurun. Tubuh akan menjadi lemah saat diserang infeksi virus maupun bakteri.

Fungsi vitamin B complex untuk sistem imun dimainkan juga oleh vitamin B2. Vitamin ini dibutuhkan untuk mengubah makanan menjadi energi. Ini juga diperlukan semasa corona agar tubuh tidak mudah lemas.

Sumber Makanan Vitamin B Complex

Lantas, darimana kita bisa mendapatkan vitamin B complex? Inilah beberapa sumber makanan vitamin B complex yang bisa kamu coba.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah makanan bernutrisi yang harus kamu konsumsi secara rutin sehari-hari. Kamu bisa memakannya secara mentah seperti salad atau lalapan di makanan sunda, atau bisa juga dimasak menjadi teman nasi. Sayuran hijau itu di antaranya bayam, seledri, selada, hingga lobak.

2. Legum

Mirip dengan sayur-sayuran, legum juga mengandung vitamin B complex. Legum mengandung asam folat tinggi yang penting untuk tubuh. Khusus vitamin B complex, kamu bisa mendapatkan vitamin B1 dan B2.

3. Telur

Telur kerap menjadi lauk saat memakan nasi. Siapa sangka, kamu juga bisa mendapatkan vitamin B complex dari makanan ini. Selain untuk tubuh secara keseluruhan, dari telur juga kamu akan menerima manfaat baik untuk memperkuat kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

4. Salmon

Kamu mau lauk yang lebih beragam? Coba konsumsi ikan salmon. Ikan salmon juga mengandung vitamin B complex seperti B2, B3, B6, dan B12. Makanan ini juga kaya akan protein serta asam lemak omega-3.

Jangan meremehkan peran dari vitamin B complex. Seperti sudah dijelaskan tadi, fungsi vitamin B complex sangat penting untuk memperkuat sistem imun dalam tubuh. Ini sangat penting di masa pandemi Covid-19 atau Corona.

Corona benar-benar mengubah cara hidup semua orang. Kita terdorong untuk lebih menjaga kebersihan. Selanjutnya, lebih perhatikan nutrisi yang didapat dari makanan sehari-hari.

Vitamin B complex bisa kamu dapatkan dari berbagai makanan sehat. Usahakan konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, ya. Kalau masih kurang juga atau kamu tidak yakin gizi mencukupi, tambahkan dengan nutrisi dari suplemen. Tapi jangan lupa, tetap perhatikan efek samping vitamin B complex agar kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Semoga bermanfaat.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *