Yuk, Kenali Apa Saja Efek Samping Vitamin D3

Efek Samping Vitamin D3

Efek Samping Vitamin D3 – Kolekalsiferol atau yang lebih akrab disebut dengan vitamin D3 adalah salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Keberadaanya berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi serta mempertahankannya agar tetap kuat. Bahkan, dalam praktik penggunaannya di dunia medis, vitamin D3 juga biasa digunakan untuk menyembuhkan penyakit tertentu.

Banyak orang yang beranggapan bahwa kekurangan asupan vitamin D3 bukanlah hal yang fatal. Namun, kenyataannya tidak seperti itu. Bagaimanapun juga, tubuh membutuhkan asupan jenis vitamin yang satu ini untuk dapat merawat kondisi tulang dan gigi agar tetap berfungsi dengan normal.

Bahkan, menurut literatur yang ada, kekurangan vitamin D dalam jumlah banyak dapat menyebabkan munculnya faktor berisiko seperti tulang yang rapuh bahkan hingga terjadinya kelainan bentuk. Tetapi konsumsi vitamin D3 yang berlebihan juga dapat memicu terjadinya efek samping yang merugikan tubuh kita.

Nah, pada artikel berikut, kami akan memberikan pembahasan mengenai apa saja efek samping vitamin D3 yang dikonsumsi secara berlebihan.

Efek Samping Vitamin D3

Selain menawarkan berbagai macam manfaat, nyatanya vitamin D3 juga dapat menyebabkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Apa sajakah itu?

1. Membuat tubuh cepat lelah dan lesu

Pada umumnya, mengonsumsi vitamin D3 baik secara oral maupun yang diberikan dalam bentuk suntikan tidak akan menimbulkan banyak masalah atau efek samping pada pasiennya. Namun, jika hal ini dilakukan secara berlebihan atau di luar resep yang diberikan oleh dokter, maka dapat berpotensi menyebabkan terjadinya tubuh yang cepat lelah dan lesu.

Hal tersebut biasanya terjadi lantaran kadar kalsium dalam tubuh terlalu tinggi, hingga menyebabkan tubuh berkontraksi dengan kandungan vitamin D3 ini.

2. Terasa mual

Efek samping vitamin D3 yang berikutnya adalah munculnya gejala mual bahkan hingga muntah. Sebenarnya, hal ini masih berkaitan dengan kadar kalsium dalam tubuh yang terlalu tinggi tadi.

Selain dapat menyebabkan terjadinya mual dan muntah, kondisi seperti ini jika dibiarkan terus menerus juga dapat memicu berkurang hingga hilangnya nafsu makan penderitanya. Untuk itu, pasien yang dirasa mengalami kondisi kelebihan vitamin D3 ini harus segera mendapatkan penanganan lebih lanjut dari dokter.

3. Perubahan mood yang drastis hingga depresi

Siapa sangka jika mengonsumsi vitamin D3 yang berlebihan juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada suasana hati seseorang hingga dapat memicu depresi. Hiperkalsemia atau kelebihan kandungan kalsium dalam darah yang tinggilah yang memicu terjadinya hal ini.

Sebab, saat seseorang mengalami kondisi tersebut, kinerja otak mereka akan terganggu hingga dapat menyebabkannya kebingungan dan timbulnya rasa cemas berlebih.

4. Menyebabkan sembelit bahkan hingga diare

Masalah pada organ pencernaan seringkali membuat kita tidak nyaman. Apalagi, jika hal tersebut disertai dengan sulitnya untuk melakukan BAB (sembelit) atau bahkan diare yang berlebihan.

Mengonsumsi vitamin D3 melebihi resep yang disarankan juga dapat membuat seseorang mengalami masalah pencernaan tersebut, lho. Kasus seperti ini sering terjadi pada orang-orang yang mengonsumsi suplemen vitamin D dengan resep yang tidak jelas.

Maka dari itu, kalau kamu sedang mencari suplemen vitamin pastikan untuk melihat komposisi yang tertulis di label kemasan. Hal tersebut dapat digunakan sebagai patokan apakah kadar vitamin yang ada di dalam suplemen tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh atau justru malah berlebihan.

5. Terjadi gangguan pada fungsi ginjal

Kadar kalsium dalam darah yang tinggi juga dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal. Nah, untuk kamu yang punya riwayat penyakit pada organ dalam yang satu ini, sebaiknya berhati-hati untuk mengonsumsi suplemen vitamin D yang dijual bebas di pasaran. Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang ahli dalam bidangnya.

Selain gangguan fungsi ginjal, kelebihan kalsium juga dapat memicu terjadinya penyakit kronis yang lain seperti gangguan fungsi pada jantung.

Demikianlah artikel mengenai efek samping vitamin D3 yang dikonsumsi secara berlebihan. Pada dasarnya, asupan gizi apapun yang tidak sesuai anjuran dokter dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan pada tubuh kita.

Maka dari itu, penting untuk selalu berhati-hati dalam membeli suplemen apapun yang dijual bebas di pasaran. Kalau kamu punya dokter pribadi, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu mengenai kandungan yang ada dalam suplemen tersebut. Sebagai rekomendasi, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin d3 1000 dari Pyfa Health. Semoga bermanfaat, ya!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *