Lowongan Kerja Online di Projects.co.id (Foto: Unsplash)
Lowongan Kerja Online di Projects.co.id (Foto: Unsplash)

Ketika memutuskan resign dari tempat kerja lama pada tahun 2016, saya sempat memutuskan untuk menjadi seorang freelancer. Saat itu, saya tidak merasa khawatir, sebab ternyata saat ini sudah banyak portal-portal lowongan kerja online yang bisa saya coba.

Bidang yang saya ambil tentunya tidak jauh-jauh dari profesi saya, yaitu seorang content writer. Saya pun mulai browsing situs-situs lowongan kerja online yang menyediakan lowongan-lowongan pekerjaan untuk para freelancer.

Ketika sedang iseng-iseng browsing, saya menemukan sebuah situs lowongan kerja online yang deskripsinya cukup menarik perhatian saya, yaitu “lowongan pekerjaan freelance”. Wah, pas sekali dengan apa yang sedang saya cari. Situs tersebut adalah Projects.co.id.

Saya pun penasaran dan mulai memberanikan diri untuk mendaftarkan diri di situs tersebut. Awalnya, saya masih bingung dan tidak percaya diri. Namun setelah mempelajarinya, saya pun mulai mengerti dan mulai mengisi data diri saya agar saya bisa langsung mencari project atau pekerjaan freelance yang saya cari.

Saya juga menuliskan beberapa deskripsi dan keterangan singkat di profil saya yang sekiranya bisa menjadi daya tarik di mata owner yang sedang mencari pekerja freelance. Menariknya, banyak sekali bidang project yang bisa saya coba seperti Writing & Translation, SEO & Website Maintenance, dan masih banyak lagi.

Wah, ternyata banyak juga project yang saya minati dan ingin saya coba. Saya pun langsung mencoba apply beberapa lowongan kerja online di Projects.co.id tersebut.

Saat apply pertama kali, jelas saya memperkenalkan diri terlebih dahulu. Setelah itu, saya jelaskan saya mempunyai skill apa saja, dan saya juga cantumkan beberapa link portfolio untuk bahan pertimbangan sang owner project. Sebisa mungkin, jelaskan secara detail skill yang kita miliki dan sesuaikan dengan project yang diminta si owner.

Beberapa kali memang sempat gagal, tapi saya tidak putus semangat. Akhirnya, saya menerima project pertama saya yaitu, menuliskan beberapa artikel dengan tema tertentu yang diminta oleh klien pertama. Saya langsung senang sekali disitu. Tidak menyangka, wah ternyata ada juga yang mempercayakan saya untuk mengerjakan project-nya!

Saya pun langsung semangat untuk mulai mengerjakan project tersebut. Alhamdulillah, setelah selesai mengerjakan project-nya, saya langsung menerima point yang lumayan dari owner project pertama saya tersebut.

Memang, saya terbilang baru di dunia freelancer Projects.co.id ini, tetapi, pengalaman pertama saya tersebut sangat menyenangkan dan membuat saya terus ‘ketagihan’ untuk mencari project-project selanjutnya. Mengerjakan apa yang klien minta dengan setulus hati dengan memberikan hasil yang terbaik, serta membuat orang lain puas adalah salah satu kebahagiaan saya.

Apalagi, tentunya hal ini tidaklah sulit dilakukan di zaman yang sudah secanggih ini. Banyak sekali situs-situs yang menyediakan lowongan kerja online. Tetapi, menurut saya Projects.co.id adalah situs yang paling saya suka dan terpercaya, serta tentunya menyediakan banyak lowongan kerja online yang bisa menjadi pilihan kita.

Sistem di Projects.co.id telah terbukti aman, dimana pihak owner project maupun pekerja freelance sama-sama diuntungkan. Sistemnya pun sangat transparan. Serta yang paling penting, penggunaanya juga sangat mudah dipahami untuk seorang pemula. Selain itu, sistem pembayarannya pun cepat dan aman. Bekerja pun menjadi lebih tenang.

Terakhir, kesan dari saya setelah bergabung menjadi freelance di Projects.co.id ini adalag saya menjadi lebih mudah dalam mendapatkan project-project freelance lainnya.

Tentunya, dengan bertambahnya pengalaman dan portfolio menjadi freelance di bidang yang kita minati, kita pun akan semakin dipercaya untuk mendapatkan penawaran pekerjaan lainnya. Pengalaman bertambah, skill meningkat, jaringan network semakin luas, dan tentunya penghasilan pun terus berjalan.

Untuk melihat lowongan-lowongan kerja online lainnya di Projects.co.id, bisa dilihat di sini. Kalau tidak dicoba sekarang, kapan lagi? Selamat mencoba dan good luck!