Keseruan Acara Vida Fest 2017 di Vida Bekasi! #BantargebangKeren

Vida Fest 2017 di Vida Bekasi

Vida Fest 2017 di Vida Bekasi – Minggu lalu, tepatnya tanggal 30 September 2017, saya menghadiri acara Vida Fest 2017 yang diadakan oleh Vida Bekasi. Acara ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Vida Bekasi yang berlokasi di kawasan InSitu – Bumiwedari, Vida Bekasi, Jawa Barat. Acara ini berlangsung dari tanggal 30 September – 1 Oktober 2017. Setelah tahun sebelumnya acara Vida Fest mengangkat tema yang menghadirkan kolaborasi antara seni dan hiburan dari komunitas lokal Bekasi, tahun ini Vida Fest menambahkan ide kolaborasi untuk hunian perkotaan, yang diwujudkan dalam pameran dan talkshow arsitektur tentang hunian kolektif yang lebih humanis.

Sebelumnya, mari kita mengenal lebih dekat Vida Bekasi. Vida Bekasi hadir sebagai respon atas kebutuhan masyarakat urban yang menginginkan kehidupan modern yang lebih nyaman dan ideal. Berlokasi di Jalan Raya Narogong  yang merupakan jalur utama antara Bekasi dan Cibubur, Vida Bekasi dengan luas pengembangan 130 hektar, memiliki potensi sebagai salah satu kawasan terkemuka di Bekasi. Vida Bekasi terdiri dari dua distrik yaitu Bumipala dan Bumiwedari yang merupakan kawasan mixed-use yang lengkap dan terintegrasi, terdiri dari hunian, area bisnis, fasilitas pendidikan, kesehatan, olahraga, rekreasi, hingga tempat ibadah.

Vida Bekasi berlokasi strategis di Jalan Raya Narogong yang dapat ditempuh melalui akses:

  • Tol Cikampek (Exit Bekasi Barat & Timur)
  • Tol Becakayu (Ke Narogong)
  • Tol Jorr 1 (Exit Jatiasih)
  • Tol Jorr 2 (Exit Narogong dan Exit Setu) – Under Construction
  • Stasiun KAI Bekasi Timur – Under Construction
  • Stasiun LRT Bekasi Timur – Under Construction

Kembali ke acara Vida Fest 2017. Acara Vida Fest 2017 dibuka dengan Tari Mapag Panganten khas Sunda atau Jawa Barat yang dibawakan oleh adik-adik dari sekolah dasar.

Sambutan Tari Mapag Panganten - Vida Fest 2017

Sambutan Tari Mapag Panganten - Vida Fest 2017 (1)
Sambutan Tari Mapag Panganten

Tarian ini merupakan sambutan untuk Pak Teten Masduki  yaitu Kepala Kantor Staf Kepresidenan, yang turut hadir pada acara hari ini. Acara Vida Fest 2017 ini pun sah dibuka setelah Pak Teten Masduki memotong pita di depan pintu hanggar.

Sambutan dan Peresmian dari Pak Teten Masduki - Vida Fest 2017

Sambutan dan Peresmian dari Pak Teten Masduki - Vida Fest 2017 (1)
Peresmian dari Pak Teten Masduki

Setelah itu, para pengunjung mulai memasuki area dengan antusias untuk melihat pameran foto-foto proyek Vida Bekasi.

Pameran Foto Proyek Vida Bekasi - Vida Fest 2017
Pameran Foto Proyek Vida Bekasi

Selain meresmikan acara ini, Pak Teten Masduki juga turut memberikan sambutannya di acara ini. Beliau menyampaikan bahwa pembangunan vertikal adalah salah satu cara menangani permasalahan di perkotaan. Banyaknya penduduk tidak memungkinkan pembangunan rumah tapak dalam jumlah banyak, maka dari itu solusi yang ada yakni membangun rumah susun atau apartemen.

Sambutan dan Peresmian dari Pak Teten Masduki - Vida Fest 2017 (2)
Sambutan dari Pak Teten Masduki

Setelah peresmian dan sambutan dari Pak Teten Masduki, selanjutnya juga ada sambutan dari Direktur Vida Bekasi, yaitu Pak Edward Kusuma. Dalam kesempatannya, Pak Edward Kusuma mengatakan, “Tahun ini istimewa karena dengan kolaborasi ide, kami bisa terhubung dan menjalin kerja sama dengan pihak-pihak yang luar biasa hingga “Teras Alun-Alun” bisa diwujudkan. Kami ingin masyarakat mengetahui filosofi dibalik arsitektur hunian yang dibangun dan akan ditempati dari segi pembiayaan, juga informasi tentang rencana pemerintah untuk program rumah rakyat.”

Sambutan Pak Edward Kusuma - Vida Fest 2017
Sambutan Pak Edward Kusuma

Apa itu “Teras Alun-Alun”?

Dalam acara Vida Fest 2017 ini, Vida Bekasi mempersembahkan “Teras Alun-Alun”, sebuah konsep kawasan campura terpadu yang terdiri dari apartemen, komplek ruko, pos polisi dan community park yang terhubung dengan pedestrian yang nyaman. Apartemen yang merupakan apartemen pertama di Vida Bekasi ini berlokasi di distrik Bumipala Vida Bekasi, dekat dengan jalan raya haji Djole. Sangat mudah dicapai dengan transportasi publik di kota Bekasi.

Apartemen “Teras Alun-Alun” dirancang oleh arsitektur yang sangat memperhatikan faktor manusia yang akan tinggal di dalamnya. Arsitektur apartemen “Teras Alun-Alun” dikerjakan oleh firma arsitek internasional SHAU yang berkantor pusat di Belanda, tetapi memiliki kator cabang di kota Bandung. SHAU yang dipimpin ole pasangan arsitek Daliana Suryawinata dan Florian Heinzelmann telah banyak menghasilkan karya inovatif dan sudah meraih berbagai macam penghargaan baik local maupun internasional.

Turut mendukung program pemerintah ‘Satu Juta Rumah Rakyat’, unit apartemen ”Teras Alun-Alun” ini juga dipasarkan dengan harga yang sangat terjangkau, Skema pembayarannya pun mudah, yaitu dengan DP yang ringan mulai Rp3 juta dan dapat dicicil melalui fasilitas KPR dengan cicilan mulai Rp2 juta.

Setelah acara dibuka secara resmi, acara dilanjutkan dengan talkshow atau yang disebut dengan Vida Talk. Acara talkshow ini diisi oleh beberapa pemateri diantaranya, Ir. Arvi Argyantoro, MA dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Daliana Suryawinata dan Florian Heinzelmann dari SHAU, Ardzuna Sinaga dari Urban+ dan Hiwandi Gafar dari Bank Tabungan Negara (BTN), serta dimoderasi oleh Dr. Imam B. Prasodjo, seorang sosiolog dan tokoh masyarakat.

Vida Talk - Vida Fest 2017

Pemateri Vida Talk - Vida Fest 2017
Pemateri Vida Talk

Selain itu, acara ini dihadiri pula oleh wakil pemerintah kota Bekasi, arsitek-arsitek yang tergabung dalam IAI (Ikatan Arsitek Indonesia), media, bogger, mahasiswa dan masyarakat umum.

Talkshow pertama, diisi oleh Ibu Daliana Suryawinata dan suaminya Pak Florian Heinzelmann, selaku principal SHAU. Ibu Daliana mengatakan, “Hunian dengan harga terjangkau dengan desain yang baik memang masih sangat sedikit di Indonesia. Pentingnya penghawaan dan pencahayaan alami sangat penting untuk kualitas hidup penghuninya. Desain yang menarik bisa memberikan dampak psikologis untuk penghuni lebih bahagia dan nyaman rumah.”

Pemateri Vida Talk - Vida Fest 2017 (1)
Ibu Daliana Suryawinata dan Pak Florian Heinzelmann

Selanjutnya, Pak Ardzuna Sinaga dari Urban+, pemateri yang juga hadir dalam acara ini mengatakan, bahwa kunci dari keberhasilan master plan dan desain arsitektur kawasan hunian ditentukan oleh komunitas penghuni.

”Para arsitek dan perencana bisa merancang, pihak pengembang bisa membangun, tetapi penghuni lah yang berperan besar untuk menghidupkan kawasan yang sudah dirancang terintegrasi didukung dengan berbagai fasilitas publik. Talkshow seperti ini sangat penting supaya kita semua bisa mengerti lebih dalam bagaimana tinggal di hunian kolektif secara utuh dan membuat lingkungan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan,” jelas Pak Ardzuna.

Pak Hirwandi Gafar dari Bank Tabungan Negara (BTN) dan Pak Edward Kusuma juga turut menjelaskan bahwa unit apartemen “Teras Alun-Alun” sudah mulai dijual hari ini (30 September 2017), dengan DP mulai dari Rp3 juta dan cicilan mulai dari Rp2 juta. Apartemen “Teras Alun-Alun” dipasarkan Rp8,4 juta per meter persegi atau Rp302 juta per unit,” jelas Pak Edward.

Vida Talk ini berjalan seru karena dimoderasi oleh Dr. Imam B. Prasodjo, sosiolog dan tokoh masyarakat yang memiliki pembawaan yang spontan sehingga membuat audiens tertawa di tengah-tengah acara.

Selain talkshow, ada banyak juga acara seru lainnya pada Vida Fest 2017 ini seperti, Live Graffiti dari Artheraphy Movement, Urban Guerrilla Workshop, Workshop untuk anak-anak bersama Kedubes Bekasi, kompetisi Game of S.K.A.T.E, Mini GP Wali Kota Cup, 10K Eco Fun Run Wali Kota Cup, bazaar, hiburan dari band-band terkemuka seperti: Alvin & I, Ikubaru, The Trees & The Wild, Nick dan kelompok musik Keroncong Terian dari Vida Bekasi.

Selain itu, pada pagi harinya, ada juga workshop “Kota Kata Kita” bersama Urban Guerrilla untuk siswa dan siswi SDN 5 Pedurenan. Dalam acara workshop ini, anak-anak diminta untuk berimajinasi membuat kota impian versi mereka dan dibuat dengan menggunakan perlengkapan yang sudah disiapkan oleh panitia. Selain meningkatkan daya imajinasi, anak-anak juga dilatih untuk berpikir secara konstruktif. Seru ya!

Workshop “Kota Kata Kita” Urban Guerrilla - Vida Fest 2017

Workshop “Kota Kata Kita” Urban Guerrilla - Vida Fest 2017 (1)
Workshop “Kota Kata Kita” Urban Guerrilla

Nah, kalau kamu berminat memiliki hunian yang humanis di kawasan Bekasi, Vida Bekasi bisa jadi pilihan kamu! Untuk yang tertarik bisa mengunjungi website-nya di bawah ini:

Website: www.vidabekasi.com

Instagram, Facebook, Twitter: @vidabekasi

Sampai jumpa di acara Vida Fest tahun depan!

2 Replies to “Keseruan Acara Vida Fest 2017 di Vida Bekasi! #BantargebangKeren”

Leave a Reply