Tips Mengatasi Bibir Pecah-pecah dan Cara Penanggulangannya

Tips Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Tips Mengatasi Bibir Pecah-pecah – Pernahkah Anda mengalami bibir pecah-pecah? Bibir pecah-pecah atau bahasa ilmiahnya disebut cheilitis merupakan kondisi yang sudah umum terjadi dan pasti pernah dialami oleh setiap orang.

Hal tersebut sebenarnya bukanlah permasalahan yang serius. Bibir pecah-pecah sebenarnya dapat diatasi dengan beberapa cara sederhana. Mungkin Anda pun juga pernah menerapkan cara-cara ini. Apa saja itu?

Eits, tunggu dulu. Sebelum membahas cara mengatasi bibir pecah-pecah. Kita akan membahas apa penyebab bibir pecah-pecah terlebih dahulu.

Penyebab Bibir Pecah-pecah

Bibir manusia mempunyai ketebalan lapisan kulit yang tipis. Lapisan ini tidak mengandung kelenjar minyak seperti halnya pada kulit bagian lain. Oleh karena itu, bibir akan lebih rentan mengalami kekeringan, dan efek dari itu adalah pecah-pecah.

Biasanya permasalahan ini terjadi pada bibir bagian bawah. Bagian bawah bibir memang dikenal lebih mudah mengalami gangguan, sehingga lebih mudah pula luka dibandingkan bibir bagian atas.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor eksternal, seperti cuaca, menjilat bibir,dehidrasi, berpuasa atau beberapa efek samping dari obat-obatan tertentu. Yuk, kita bahas satu persatu:

1. Bibir Pecah-pecah karena Cuaca

Kurang lembabnya udara dan teriknya sinar matahari, ternyata dapat menjadi faktor utama penyebab bibir mengalami pecah-pecah. Saat mengalami dehidrasi, khususnya saat menjalankan ibadah berpuasa, hampir setiap orang akan mengalami bibir pecah-pecah.

2. Membasahi Bibir secara Berlebihan

Air liur ternyata mengandung asam yang berfungsi memecah makanan. Apabila kita membasahi bibir secara berlebihan, tentu akan berdampak pada berkurangnya kelembaban bibir. Secara tidak langsung, hal ini juga akan berakibat iritasinya bibir dan mengakibatkan pecah-pecah.

3. Karena Obat-obatan atau Suplemen Tertentu

Vitamin A atau obat-obatan retinoid, lithium dan beberapa jenis obat-obatan lainnya, ternyata memiliki pengaruh terhadap kelembaban bibir. Efeknyapun akan berakibat pada pecah-pecahnya kulit pada bibir.

Penanggulangan Awal Bibir Pecah-pecah

Ada beberapa cara sederhana yang biasa dilakukan untuk menanggulangi masalah bibir pecah-pecah ini. Dari yang sangat sederhana, hingga membutuhkan beberapa cara khusus. Umumnya, cara penanggulangan bibir pecah-pecah hampir sama, yaitu menjaga kelembaban bibir. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Perbanyak Minum Air Putih

Tubuh manusia terdiri dari 90% air. Itulah mengapa kita harus mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Kurangnya cairan dapat membuat kita dehidrasi. Jika sudah begini akan berefek yang membuat bibir pecah-pecah. Seperti pada pembahasan sebelumnya, dehidrasi merupakan salah satu faktor umum penyebab bibir pecah-pecah.

Cuaca yang Dingin atau Kering

Cuaca yang dingin ataupun kering secara tidak langsung akan berdampak juga pada tubuh, termasuk bibir. Ketika Anda pergi ke tempat atau lokasi yang memiliki kelembaban udara rendah, Anda dapat menutup mulut dengan syal dan berikan lip balm atau pelembab bibir. Alternatif lain, Anda bisa menggunakan minyak nabati untuk membantu menjaga kelembaban bibir dari hawa dan cuaca saat itu.

Menghindari Terik Sinar Matahari

Kulit bibir Anda tentu tidak dapat terlindung dari terik dan panasnya sinar matahari. Hal ini tentu membuatnya mudah kering dibanding kulit bagian tubuh lainnya. Apabila Anda berada di bawah sinar matahari yang cukup terik, contohnya saat mengikuti upacara, bibir Anda pun akan lebih mudah mengalami pecah-pecah.

Hal yang Dihindari Saat Bibir Pecah-pecah

Coba cek atau periksa pasta gigi dan obat kumur yang biasa Anda gunakan. Saat Anda mengalami bibir pecah-pecah, Anda dapat menggunakan pasta gigi atau obat kumur. Tapi tidak semua pasta gigi dan obat kumur bisa Anda gunakan. Hanya pasta pasta gigi dan obat kumur yang mengandung menthol atau ekaliptuslah yang dapat membantu Anda mengatasi iritasi bibir penyebab pecah-pecah.

Setiap manusia juga pasti memiliki naluri atau kebiasaan untuk menjilati bibir sendiri, khususnya saat merasa bibir mulai kering. Tapi, kebiasaan ini ternyata tidak baik. Bahkan hanya akan memperburuk iritasi bibir Anda. Untuk sementara, ada baiknya Anda hindari kebiasaan ini.

Hindari menggosok, mengelupas, ataupun menggigit serpihan kulit di bibir yang terkelupas. Kebiasaan ini ternyata malah menjadi penyebab perdarahan sekitar bibir, sehingga membuat infeksi dan memperlambat proses penyembuhan iritasi pada bibir.

Biasakan bernafas melalui lubang hidung untuk sementara waktu. Bernafas melalui mulut malah menyebabkan bibir dan mulut Anda lebih kering. Ada baiknya, Anda mulai mengurangi kebiasaan bernafas dengan mulut ketika mengalami bibir pecah-pecah.

Mengatasi Bibir Pecah-pecah dengan Bahan Alami

Minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak yang memiliki banyak manfaat, bukan hanya untuk kesehatan, namun juga kecantikan. Manfaat dari minyak zaitun ini, ternyata juga berguna untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Anda bisa menggunakannya saat malam hari.

1. Gunakan Minyak Zaitun

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada bibir yang mengalami pecah-pecah. Oleskan keseluruhan pada permukaan bibir secara merata. Lakukan secara teratur sebelum Anda tidur. Lihat hasilnya selama 3-4 hari penggunaan.

2. Oleskan Mentega dan Minyak Kelapa

Mentega dan minyak kelapa bukan hanya digunakan untuk bahan-bahan saja loh. Kedua bahan ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering. Bahkan, kedua bahan tersebut bermanfaat juga untuk melembabkan bibir secara alami. Caranya sangat mudah, Anda cukup oleskan pada bibir secara merata.

3. Manfaatkan Ampas Wortel

Saat Anda membuat wortel, pasti ada ampas-ampas sisa yang sering terbuang percuma. Padahal buah yang baik untuk mata ini juga berfungsi membantu menjaga kesehatan dan kecantikan bibir Anda. Wortel diyakini juga bermanfaat membuat bibir lebih merah secara alami.

Cara penggunaannya pun mudah, Anda bisa parut beberapa buah wortel, kemudian peras dan ambil ampasnya. Kemudian oleskan ampas tersebut kebibir Anda secara merata. Lalu perasannya airnya? Anda minum deh. Selain bibir lebih sehat, matapun juga mendapat manfaatnya.

4. Buah Tomat

Tomat memang sudah dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C yang baik. Vitamin C sendiri, ternyata juga efektif mengobati bibir pecah-pecah. Anda bisa mengiris tomat menjadi beberapa irisan, kemudian oleskan irisan tadi ke bibir yang pecah-pecah. Untuk hasil yang maksimal, Anda berikan beberapa tetes madu.

5. Gunakan Madu Alami

Madu memang bermanfaat untuk merawat kelembaban bibir. Madu diyakini dapat meregenerasi sel-sel kulit mati, mengangkat dan menggantinya dengan sel kulit baru. Penggunaannya pun hampir sama seperti bahan-bahan lainnya. Anda hanya cukup mengoleskan madu pada bibir, lakukan dengan sedikit pijatan.

6. Kombinasi Lemon dan Madu

Lemon dan madu adalah kombinasi yang sangat baik. Kedua bahan tersebut mampu mengatasi bibir pecah-pecah dan kering secara efektif. Lemon yang dikenal kaya vitamin C dan manfaat madu dalam meregenerasi kulit, tentu dapat menjadi obat alami yang patut dicoba. Keduanya pun sangat mudah didapat.

7. Potongan Mentimun

Mentimun mengandung kandungan air yang cukup. Kandungan air ini mampu menghidrasi bibir kembali pada kondisi yang baik. Selain itu, mentimun yang juga memiliki vitamin C dapat memberikan manfaat lebih bagi kesehatan bibir Anda.

8. Ekstrak Lidah Buaya

Lidah buaya bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut saja. Lidah buaya diyakini juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan bibir dan mengatasi bibir pecah-pecah. Caranya, cukup oleskan gel lidah buaya yang sudah diekstrak secara merata. Lakukan secara rutin untuk mempercepat mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa cara penanggulangan dalam mengatasi bibir pecah-pecah. Sudah taukan sekarang? Walapun bukanlah permasalahan yang serius, namun ada baiknya Anda menjaga kondisi bibir dan mulut Anda dengan baik.

Permasalahan bibir pecah-pecah ini biasanya muncul karena pancaroba cuaca dan kurangnya asupan air pada tubuh Anda. Saat dehidrasi mulut akan mudah mengering sehingga bibir Anda pun rentan mengalami pecah-pecah. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda. Yuk coba aplikasikan di rumah!

Leave a Reply