9 Tips Hidup Sehat Alami untuk Wanita Karir

Tips Hidup Sehat Alami untuk Wanita Karir

Tips Hidup Sehat Alami untuk Wanita Karir – Menjadi wanita karir yang super sibuk tekadang membuat kita tidak dapat membagi waktu dengan baik. Karena kesibukan ini jugalah yang membuat kita tidak memperhatikan pola hidup sehari-hari. Tentu jika hal ini dibiarkan akan berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Efek pola hidup yang kurang baik, tentu tidak dirasakan dalam waktu dekat. Efek buruk yang timbul akan kita rasakan di usia tua nanti. Pola hidup bisa meliputi pola makan, aktifitas dan kebiasaan lain yang berdampak secara tidak langsung dengan kesehatan Anda.

Jika Anda merasa pola hidup Anda selama ini kurang begitu baik, mungkin saatnya Anda menerapkan 9 tips hidup sehat alami berikut. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Hindari Makanan Cepat Saji

Sebagai wanita karir, terkadang kita lebih suka membeli makanan cepat saji dengan alasan tidak ada waktu menyiapkan makanan sendiri. Padahal, makanan cepat saji umumnya berbahan utama dasar daging, tentu komposisi ini tidaklah seimbang.

Mengingat tubuh juga membuatuhkan asupan lain, seperti sayur dan buah. Untuk itu, Anda harus menyeimbangkan makanan sehat dengan asupan sayur dan buah yang cukup pada setiap porsi makanan yang Anda konsumsi.

2. Biasakan Mengkonsumsi Buah Sebagai Pencuci Mulut

Buah memang terkenal akan manfaatnya, khsusunya bagi tubuh. Banyak sekali kandungan vitamin pada buah yang tentunya baik untuk tubuh. Tips hidup sehata alami memang seharusnya menitik beratkan pada hal ini.

Tidak perlu pusing,-pusing, Anda bisa memilih buah yang mudah dibawa. Anda bisa memilih buah favorit seperti: jeruk, apel dan pisang. Ih, kok pisang sih? loh, jangan salah, pisang memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi di banding buah lainnya. Cukup direkomendasikan kok.

3. Pantau Terus Berat Badan Anda

Selain memilih makanan, Anda juga harus terus memantau berat badanmu. Sebagai wanita karir, kita dituntut untuk gesit dan lincah dalam bekerja. Jangan karena berat badan malah membuat Anda sulit bergerak.

Selain itu, berat badan yang berlebihan memiliki dampak yang berbahaya. Menurut penelitian, wanita yang memiliki berat badan berlebih, cenderung rentan terkena penyakit kangker, mulai dari kangker payudara, rahim hingga usus besar.

4. Pilih Makanan yang Pemasakannya Direbus

Makanan yang digoreng tentu sudah dikenal tidak baik untuk kesehatan. Jika tips sebelumnya lebih mengarah kepada anjuran, maka tips hidup sehat alami kali ini lebih kepada larangan.

Nah, untuk Anda yang sering mengkonsumsi makanan yang digoreng, sebaiknya mulai mengurangi. Selain itu, makanan yang digoreng dapat meningkatkan kolestrol dalam tubuh loh.

Selain pengolahan digoreng, makanan dengan proses pemasakannya dibakar juga tidak kalah berbahaya. Mengapa? karena makanan yang dibakar cenderung mengandung prokarsinogen. Prokarsinogen sendiri dapat ditemui pada makanan yang sudah menjadi arang atau gosong.

5. Hindari Gula atau Pemanis Seperti Menjauhi Rokok

Kenapa kita membandingkan gula dengan rokok? Begini, gula ternyata menyumbangkan 35% kematian di dunia. Tuh, berbahaya ga girls? Memang tidak seberbahaya rokok, tapi kalo berurusan dengan kematian, siapapun pasti takut.

Simpelnya seperti ini. Jumlah gula yang tertumpuk dan terakumulasi akan meningkatkan jumlah insulin. Insulin ini akan berpengaruh kepada kontrol tekanan darah. Hal ini ternyata dapat memicu obesitas pada tubuh. Efeknya, dapat berlanjut pada resiko kolestrol, diabetes sampai hati. Efek lain dari obesitas yaitu terganggunya kesehatan jantung.

6. Tidur Sejam Lebih Awal Akan Membantu Anda Lebih Fresh

Tips hidup sehat alami ini lebih mengarah kepada kebiasaan. Sebagai wanita karir, berangkat gelap pulang gelap sudah hal biasa. Terkadang sesampainya dirumah kita tidak langsung tidur. Padahal, waktu sudah menunjukan pukul 10.30 malam, tapi kita masih saja melakukan berbagai aktifitas lain.

Agar esokannya Anda bisa lebih fresh, usahakan untuk tidur lebih awal dari jam tidur normal Anda sebelumnya.

7. Beli Permen Karet

Loh, kenapa tiba-tiba disuruh membeli permen karet? Iya girls, menyambung tips sehat alami sebelumnya nih. kebiasaan mengunya permen karet juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otak. Penelitian menyatakan, mengunyah permen karet, khususnya rasa mint, ternyata dapat membantu mengurangi rasa lelah.

Bahkan meningkatkan daya ingat sebesar 35%. Di sisi lain, mengunyah permen karet juga bisa mengurangi rasa gugup. Seperti rasa gugup pas ketemu doi, atau karena dipanggil bos besar.

8. Seruput-seruput Kopi

Minum kopi? Iya, minum kopi. Menyeruput kopi di pagi hari ternyata mampu membantu meningkatkan suasana hati. Menyeruput kopi juga dapat memberikan tenaga ekstra loh. Wow, bakal jadi wonder women banget nih.

Menurut penelitian, kafein pada kopi akan bekerja seperti antidepresi. Prosesnya dengan cara menghentikan produksi hormon serotin. Sehingga dapat mengurangi perasaan depresi Anda.

9. Jalan-jalan Keliling Kantor

Tips hidup sehat alami kali ini memang untuk wanita karir banget deh. Keliling kantor yang dimaksud bukan harus benar-benar mengelilingi kantor. Tetapi dengan meluangkan waktu untuk aktifitas berjalan.

Bekerja di kantor pasti tidak lepas dari posisi duduk sepanjang hari. Untuk menyeimbangkannya, Anda bisa berjalan sejenak. Walaupun hanya sebatas ke kamar mandi atau ke kantin, yang penting Anda sudah menggerakan kaki Anda sejenak.

Nah, itulah beberapa 9 tips sehat alami untuk wanita karir yang bisa Anda coba. Hidup sehat itu sederhana loh girls. Tidak perlu mahal, yang penting ada kemauan. Tunggu tips sehat alami selanjutnya ya.

Leave a Reply