2 Resiko Menabung di Bank bagi Pemilik Saldo Kecil

Resiko Menabung di Bank

Resiko Menabung di Bank – Anggapan menyimpan uang tabungan di bank selalu aman dan tanpa resiko sepertinya tidak sepenuhnya benar. Resiko menabung di bank yang dimaksud kali ini, bukan ke arah hilangnya uang Anda secara fisik, namun resiko turunnya nilai uang Anda karena inflasi dan biaya operasional.

Berikut ini 2 resiko menabung di bank bagi Anda pemilik saldo tabungan kecil.

1. Resiko karena Bunga Tidak Sesuai dengan Inflasi

Resiko menabung di bank yang pertama adalah karena keuntungan atau bunga tabungan saat ini cenderung rendah, jika tujuan Anda menabung adalah untuk berinvestasi, sepertinys pilihan tersebut kurang tepat. Mengapa? Karena jumlah bunga yang diberikan oleh bank tidak terlalu berimbang dengan inflasi yang terjadi setiap tahunnya.

Contohnya untuk biaya pendidikan diperkirakan akan naik sekitar 10-20% per tahunnya, sedangkan bunga tabungan hanya 3-4% saja. Memang menyimpan uang tabungan di bank tergolong aman, namun tidak dengan ancaman inflasi nilai mata uang yang bisa saja terjadi. Jika ingin mencoba investasi dengan nilai yang stabil, investasi emas adalah pilihannya.

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar, tentu Anda tidak bisa bermain aman. Resiko dan kerugian akan menjadi teman yang siap menghampiri Anda kapan saja. Apabila Anda mempunyai modal, tidak ada salahnya Anda mencoba peluang usaha. Tidak hanya 3-4% keuntungan yang akan Anda dapatkan, bahkan mungkin bisa 100-200%. Pastikan pahami terlebih dahulu peluang usaha yang akan Anda jalani.

2. Resiko karena Biaya Administrasi

Hal pertama yang Anda lihat saat membuka tabungan pasti besaran biaya administrasinya. Bagi Anda yang memiliki jumlah tabungan yang tidak terlalu besar, bisa saja bunga yang Anda dapatkan akan habis. Inilah resiko menabung di bank selanjutnya.

Potongan ini bersifat konstan atau berlaku tanpa melihat jumlah tabungan uang Anda. Contohnya, jika tabungan Anda 1 juta ataupun 30 juta, potongan biaya administrasi yang akan dibebankan kepada Anda jumlahnya sama.

Jika Anda tidak mengisi tabungan secara rutin setiap bulannya, tabungan dalam rekening Anda akan habis sedikit demi sedikit. Potongan tersebut terjadi karena biaya administrasi tadi. Apabila tabungan Anda sudah lama tidak terisi, bisa saja pihak bank akan menutup rekening Anda secara otomatis.

Berdasarkan dua resiko menabung di bank tadi, sebaiknya kita lebih menimbang kembali. Apakah menabungkan uang Anda di bank lebih memiliki keuntungan untuk Anda atau mungkin lebih beresiko secara nilai.

Jika Anda tetap ingin menyimpan uang tabungan di bank, proposionalkan jumlah tabungan Anda dan sisihkan untuk modal Anda membuka peluang usaha atau investasi, seperti emas. Jangan sampai yang Anda dapatkan hanya kedua resiko menabung di bank di atas. Berikut ini 3 keuntungan investasi emas yang harus Anda ketahui.

Leave a Reply