Pola Hidup yang Sehat Pencegah Kanker untuk Usia Muda

Pola Hidup yang Sehat Pencegah Kanker

Pola Hidup yang Sehat Pencegah Kanker – Perilaku hidup tidak sehat telah menjadi ancaman bagi masyarakat perkotaan modern saat ini. Bagaimana tidak, konsumsi makanan dan kebiasaan yang sering dilakukan, ternyata adalah sumbernya.

Kebiasaan tersebut mungkin terdengar sederhana, tetapi bagaimana jika jumlahnya diakumulatifkan? Masihkah Anda menganggapnya sebagai sesuatu yang sederhana? Lalu sudah tahukah Anda bagaimana cara melakukan pola hidup yang sehat pencegah kanker? Berikut ini pola hidup yang sehat pencegah kanker untuk usia muda seperti kita.

1. Pola Hidup yang Sehat dengan Sayur dan Buah

Pola hidup yang sehat pencegah kanker tentu bermula dari makanan yang Anda konsumsi. Sayuran hijau memang sudah terkenal akan khasiatnya. Vitamin dan Protein yang terkandung sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Memakan banyak sayur, buah dan biji-bijian olahan seperti tempe dan tahu, tentu akan memperkaya asupan baik bagi tubuh Anda.

Perbanyak juga makanan yang mengandung serat. Hindari mengkonsumsi makanan junk food. Usahakan untuk mengkonsumsi sayur atau buah sebanyak satu sampai dua kali sehari di setiap porsi makanan Anda.

2. Jaga Berat Badan Anda dari Obesitas

Obesitas lebih mudah terindikasi mengidap kanker. Penelitian merilis, resiko obesitas lebih mudah beresiko terserang penyakit kanker, khususnya kanger payudara, ginjal, rahim dan usus besar. Cara pola hidup yang sehat pencegah kanker selanjutnya yaitu dengan memperhatikan berat badan Anda mulai saat ini, paling tidak dengan menimbang seminggu sekali.

3. Hindari Makanan yang Digoreng

Makanan selalu dikaitkan dengan kesehatan dan tentunya sangat erat dengan pola hidup yang sehat pencegah kanker. Makanan dengan cara pemasakan digoreng memang lebih nikmat, namun apa Anda yakin itu sehat? Sudah bukan rahasia lagi efek buruk dari cara pemasakan ini. Terlebih jika penggunaannya sudah lebih dari batas maksimal.

Jika Anda pernah melihat penjual gorengan di pinggir jalan, yakinkah Anda mereka mengganti minyaknya secara rutin. Ingat, terlalu sering memakan makanan yang digoreng, akan lebih cepat pula memicu kanker tumbuh di badan Anda.

4. Hindari Mengolah Makanan dalam Suhu Tinggi

Makanan yang diolah dengan suhu tinggi, tentu dapat menimbulkan prokarsinogen. Proses pemasakan tersebut seperti diasap, dibakar atapun dipanggang. Ciri makanan yang terindikasi prokarsinogen yaitu adanya bagian yang menjadi arang (gosong). Pola hidup yang sehat pencegah kanker selanjutnya yaitu dengan memilih makanan-makanan yang dimasak dengan cara direbus. Proses pemasakan ini dikenal lebih sehat bagi tubuh. Hal ini juga sebagai langkah awal penjegah kanker tumbuh di diri Anda

5. Perhatikan Kebersihannya

Kebersihan juga identik dengan pola hidup yang sehat pencegah kanker, khususnya kebersihan tempat makanan. Tempat makanan yang memiliki menu enak tentu menjadi incaran, apalagi jika harganya terjangkau. Namun, bagaimana dengan kebersihannya? Prioritas ini terkadang masih sering kita lupakan. Bagaimana melihat tempat makan tersebut bersih atau tidak? Anda dapat melihatnya dari si penjual. Paling mudah adalah dengan memperhatikan kebersihan kuku si penjual tersebut.

6. Makan Tidak Berlebihan

Pola hidup yang sehat pencegah kanker selanjutnya adalah menjaga asupan secara proporsional. Kapasitas makan seseorang memang berbeda-beda. Untuk itu, sesuaikan kebutuhan porsi makanan Anda dengan kapasitas tubuh Anda. Sesuatu yang berlebihan pasti memiliki dampak yang buruk. Dampak makan secara berlebihan yaitu timbulnya obesitas. Poin sebelumnya telah kita bahas mengenai bahaya dari obesitas ini.

7. Lakukan Olahraga Ringan dan Perbanyak Minum Air

Saat ini, banyak pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah. Akibatnya, tubuh semakin jarang bergerak. Apalagi ketika bekerja, kita lebih sering dalam posisi duduk daengan waktu yang cukup lama. Biasakan melakukan olah raga ringan atau gerkakan-gerakan kecil untuk merenggangkan tubuh Anda selama beberapa menit. Olah raga juga menjadi bagian dari pola hidup yang sehat pencegah kanker.

Itulah beberapa tips pola hidup yang sehat pencegah kanker untuk usia muda seperti kita. Terkadang kita sering melupakan hal-hal diatas. Kanker bukanlah penyakit yang dapat disepelekan. Lebih baik mencegah dibanding mengobati bukan?

Leave a Reply