Mengenal Perayaan Hari Ibu di Dunia dan di Indonesia

Perayaan Hari Ibu

Perayaan Hari Ibu – Hari Ibu merupakan salah satu hari peringatan atau perayaan yang ditujukan bagi para ibu. Peran seorang ibu yang sangat penting, dalam menjaga keluarganya, baik perannya sebagai istri, orang tua dari anak-anaknya, sekaligus peran ibu dalam lingkungan sosialnya.

Peringatan dan perayaan Hari Ibu umumnya dilakukan dengan membebastugaskan para ibu dari tugas keseharian yang dilakukannya, seperti memasak, merawat anak dan urusan pekerjaan rumah tangga.

Apa yang Biasa Kita Lakukan di Perayaan Hari Ibu?

Mungkin Anda pun pernah melakukan hal ini. Biasanya, saat akan berangkat dan pulang sekolah, Anda mendadak rajin. Seperti menyapu, mencucui piring, ataupun membereskan rumah. Sebagai seorang anak, yang memang kala itu tidak bisa memberikan ataupun melakukan banyak hal bagi para ibu, mungkin tindakan kecil seperti itu pun sudah cukup membuat ibu kita merasa senang dan tersenyum. Namun, selain melakukan hal tersebut, biasanya kita juga memberikan kado dan hadiah kecil ke pada ibu, walaupun hanya sebatas jepitan rambut saja.

Perayaan Hari Ibu di Dunia

Di Indonesia sendiri, perayaan Hari Ibu dilaksanakan pada tanggal 22 Desember. Hari tersebut juga ditetapkan sebagai perayaan nasional. Berbeda dengan di negara lainnya, contohnya di Amerika, ataupun lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan dan Hongkong. Hari Ibu atau Mother’s Day justru dirayakan pada hari Minggu kedua yang jatuh di bulan Mei.

Bahkan, di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Ibu atau yang disana dikenal sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day, justru diperingati pada tanggal 8 Maret.

Perayaan Hari Ibu di Indonesia

Perayaan Hari Ibu di Indonesia diselenggarakan atau dirayakan tepat pada tanggal 22 Desember. Tanggal ini memang diresmikan Presiden Soekarno di bawah Dekret Presiden No. 316 Tahun 1953, bertepatan pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

Dipilihnya tanggal tersebut tidak lain juga untuk merayakan semangat wanita Indonesia. Saat ini, arti dan makna Hari Ibu telah berubah, dimana hari tersebut diperingati lebih untuk menyatakan rasa cinta dan sayang kita kepada kaum ibu.

Ucapan dan Kata-Kata untuk Hari ibu

Berikut adalah beberapa contoh ucapan dan kata-kata yang cocok digunakan untuk Hari Ibu:

“Ibu, akankah aku dapat melihatmu lagi setelah hari ini? Betapa bodohnya aku yang telah menyianyiakan engkau, padahal berbakti dengan engkau adalah cara untuk mendapatkan ridha Illahi.”

“Ibu, seorang pejuang tanpa jasa yang selalu menyelamatkanku dikala aku sedih. Namun begitulah diriku yang selalu mengecewakan engkau. Maka mulai sekarang ijinkan aku untuk selalu berbakti kepadamu setiap saat.”

“Bukan hanya hari ini (hari ibu), namun aku akan berusaha menjadi anak yang bersinar di pandanganmu selalu.”

(Kata-kata Tersebut Dilansir dari: http://okistudio.com).

Leave a Reply