Pengertian Purging dan Perbedaannya dengan Breakout

Pengertian Purging dan Perbedaannya dengan Breakout

Pengertian Purging dan Perbedaannya dengan Breakout – Mungkin kita sering bertanya-tanya Apa pengertian dari purging dan breakout dalam dunia kecantikan? Kedua perbedaan mengenai kondisi ini memang masih sulit dimengerti bagi sebagian orang, khususnya orang awam. Secara medis, purging adalah kondisi dimana muncul atau timbulnya sel kulit mati yang membuat wajah terlihat bersisik.

Apa sih Purging itu?

Pengertian purging sendiri berasal dari kata “purge” yang berarti pembersihan. Pada fase awal penggunaan skin care ataupun fase pergantian produk skincare dari yang biasa Anda gunakan ke produk baru, umumnya dapat mengakibatkan proses yang dinamakan purging. Purging bertujuan untuk membersihkan pori-pori kulit wajah Anda yang tersumbat oleh minyak berlebih, sel kulit mati yang tertumpuk dan komedo, sehingga kerap terjadi timbulnya jerawat yang kian banyak dan terlihat parah.

Apa yang Menyebabkan Terjadinya Purging?

Umumnya, purging diakibatkan karena penggunaan bahan kosmetik ataupun bahan kimia seperti AHA, BHA dan lain-lain, dimana bahan-bahan tersebut dapat mempercepat pertumbuhan sel kulit, sehingga kulit akan terlihat seperti memiliki sisik. Selain itu, wajah pun tampak seperti memiliki benjolan kecil. Umumnya akan menghilang tanpa adanya fase kemerahan, bengkak, atau radang pada kulit.

Lain halnya dengan breakout. Breakout adalah kondisi kulit yang terjadi karena mengalami ketidakcocokan terhadap jenis bahan kosmetik atau kimia tertentu. Orang yang mengalami kondisi ini umumnya terlihat seperti memiliki jerawat, bisul, yang juga disertai warna kemerah-merahan dan disertai rasa nyeri, pembengkakan dan peradangan.

Purging umumnya terjadi selama 3-4 minggu. Hal ini disesuaikan dengan siklus pertumbuhan kulit setiap orang. Namun, apabila kondisi kulit ini masih terjadi selama lebih dari 4 minggu, Anda patut waspada dan segeralah hentikan penggunaan kosmetik atau bahan kima yang biasa Anda gunakan.

Bagaimana Mengatasi Purging?

Untuk mengatasi purging Anda bisa mengurangi kadar obat ataupun bahan kimia yang biasa Anda gunakan. Jadi jangan buru-buru panik atau berpikir yang tidak-tidak dulu dengan kondisi keadaan kulit berjerawat atau beruntusan yang Anda alami ketika awal-awal menggunakan skincare.

Karena, bisa saja hal itu merupakan fase atau proses purging. Namun, apabila hal itu terjadi lebih dari 4 minggu, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter kulit.

Jadi, sekarang sudah tahu kan apa pengertian purging dan perbedaannya dengan breakout?

Leave a Reply