Pengertian Content Marketing dan Jenis-jenisnya

Pengertian Content Marketing

Pengertian Content Marketing – Content marketing mungkin bukan merupakan istilah yang asing untuk para pelaku internet marketer atau digital marketer. Akan tetapi, bagi pemula, dibutuhkan pemahaman yang kuat tentang istilah ini, apalagi jika Anda berminat untuk berkecimpung di bidang internet atau digital marketing. Mengapa? Karena pemahaman mengenai istilan content marketing ini merupakan bekal yang akan menjadi modal dasar Anda untuk mulai menjalankan strategi pemasaran Anda di dunia internet.

Content marketing bisa diartikan yaitu menggunakan konten untuk tujuan marketing (pemasaran). Lengkapnya, content marketing adalah strategi pemasaran dimana kita merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi kustomer (PanduanIM).

Secara garis besar, ada dua tujuan dari content marketing, yaitu menarik audiens baru untuk mengenal bisnis Anda dan mendorong (mengajak) mereka untuk menjadi kustomer (PanduanIM).

Content marketing atau pemasaran konten tidak hanya berupa teks seperti artikel, tapi juga bisa berupa foto, video, status social media, email, newsletter dan lain-lain. Pelaku content marketing pun bisa berasal dari berbagai profesi di bidang internet atau digital marketing seperti content writer, blogger, social media officer, affiliate marketer, video creator, graphic designer dan lain-lain.

Jenis-jenis Media Content Marketing

Saat ini, ada banyak sekali media yang bisa digunakan untuk strategi untuk content marketing. Beberapa media tersebut digunakan untuk pemasaran dan masing-masing memiliki strategi jenis pemasaran yang cukup beragam. Jenis-jenis media content marketing tersebut antara lain:

  1. Teks/Artikel Website
  2. Artikel SEO
  3. Blog
  4. Ulasan
  5. How-to (Petunjuk Cara)
  6. Social Media
  7. Email
  8. Newsletter
  9. Foto/Gambar
  10. Video
  11. Ilustrasi
  12. Meme
  13. Studi Kasus
  14. Infografis
  15. Jurnal
  16. Webinar
  17. Aplikasi
  18. Dan Lain-lain

Setelah mengetahui beberapa jenis media content marketing, lalu bagaimana tahapan content marketing yang dapat kita terapkan pada strategi pemasaran?

  1. Buatlah konten yang memberikan solusi untuk permasalahan besar dari orang-orang yang menjadi target pasar Anda. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian mereka.
  2. Buat konten yang menjelaskan bahwa produk/layanan Anda adalah solusi utamanya.
  3. Setelah membuat kedua tahap di atas, barulah Anda dapat membuat konten yang bisa memancing penjualan produk/layanan Anda. Bisa dengan gambar, link dan lain-lain.

Bagaimana Cara Membuat Content Marketing?

  1. Untuk membuat content marketing, yang pertama harus Anda lakukan yaitu Specific/Spesifik. Hal ini dilakukan untuk membuat startegi konten yang tujuannya sangat spesifik. Anda harus paham kenapa Anda harus melakukan content marketing ini. Jika Anda tidak tahu apa yang sedang Anda buat atau lakukan, tentu saja konten yang dibuat akan ikut tidak terarah.
  2. Lalu selanjutnya adalah Measurable/Terukur. Untuk membuat strategi content marketing, Anda harus bisa mengukur atau melacak penyebaran informasinya. Hal ini sangat penting, karena jika Anda tidak mempunyai data tersebut, Anda akan “buta” dan tidak tahu apa tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki penargetan dari market Anda.
  3. Anda juga harus memastikan jika target content marketing Anda yaitu Attainable/Dapat Dicapai. Buatlah target yang maksimal untuk bisnis Anda dan tidak melebihi kemampuan Anda.
  4. Sikap Realistic/Realistis juga diperlukan untuk melihat batasan-batasan yang dimiliki dalam melakukan marketing. Bukan hanya melihat batasan saja, tetapi juga mempertimbangkan solusi-solusi yang realistis untuk mengatasi masalah-masalah yang ada. Sikap realistis tersebut bisa diwujudnyatakan dengan menentukan persentase target pemasaran.
  5. Terakhir, jangan lupa untuk menentukan Time Bound/Batas Waktu. Hal ini diperlukan untuk menetapkan batas waktu untuk mencapai gol atau target dari kegiatan marketing Anda.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian content marketing. Maka, mulailah mencoba menggunakan content marketing untuk menunjang bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

 

Sumber:

http://www.panduanim.com

http://www.indosmartdigital.com

http://www.kekitaan.com

http://www.trikmudahseo.blogspot.com

8 Replies to “Pengertian Content Marketing dan Jenis-jenisnya”

Leave a Reply