Mudik dengan Kereta Api? Persiapkan 6 Hal Ini agar Perjalanan Nyaman

Mudik dengan Kereta Api

Mudik dengan Kereta Api – Kemanapun tujuan Anda mudik, mudik dengan kereta api tetap menjadi hal yang menyenangkan.

Saking menyenangkannya, sering kali Anda lupa melakukan persiapan terlebih dahulu.

Persiapan mudik kali ini, tentu bukan hanya untuk Anda yang belum pernah mudik dengan kereta api saja. Anda yang sudah pernah pun, nyatanya sering lalai juga dengan hal ini.

Berikut ini 6 hal yang harus Anda persiapkan saat mudik dengan kereta api.

1. Tentukan Tujuan dan Estimasi Keberangkatan

Untuk informasi saja, tiket kereta api jarak jauh baik ekonomi, bisnis dan eksekutif, bisa Anda pesan di 90 hari atau 3 bulan sebelum keberangkatan.

Untuk KA Lokal, ada yang hanya H-30, namun ada pula yang harus dilakukan di hari yang sama pemberangkatan (go show).

Membeli tiket mudik dengan kereta, saat ini cukup mudah kok. Anda bisa memesan tiket di website KAI, Mini Market atau memesan tiket kereta di Tokopedia.

2. Tentukan Jenis Kereta

Selanjutnya menentukan jenis kereta api yang akan digunakan. Pastikan Anda telah menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda ya. Ingin kelas ekonomi, bisnis atau eksekutif, tentu juga tergantung kebutuhan Anda saat itu. Pastinya, kenyamanan dan kemanan yang akan Anda dapatkan akan berbanding lurus dengan budget yang Anda keluarkan.

3. Pastikan Datang Lebih Awal 1 Jam di Stasiun Keberangkatan

Sekarang jam keberangkatan kereta api sudah dapat Anda pantau. Tidak seperti dulu, ketepatan jam keberangkatan kereta api jarak jauh, saat ini sudah lebih baik.

Lebih baik datang lebih awal dari pada terlambat bukan? Eh, bukan-bukan. Maksudnya lebih baik datang duluin kereta dibanding ketinggalan kereta dan ga mudik!

4. Persiapkan dan Cek Tiket dan Identitas Asli

Salah satu syarat perjalanan dengan kereta api yaitu melakukan boarding pass. Jangan sampai tiket terselip atau tertinggal. Bisa-bisa malah membuat waktu Anda terbuang karena mencarinya, bisa-bisa yang ada Anda malah tertinggal kereta.

5. Persiapkan Bekal Sendiri

Jika budget Anda terbatas, lebih baik membawa bekal dari rumah. Selain lebih murah, tentu juga mudah.

Apabila Anda naik kereta ekonomi, kondisi kereta ekonomi saat ini tidak lagi sama seperti dahulu. Dahulu ada banyak pedagang yang siap menjadi penolong Anda saat lapar. Kini tidak ada lagi.

Maka, pastikan membawa bekal makanan dan juga minuman yang cukup agar tidak kelaparan dan dehidrasi ya.

6. Memilih Jasa Porter Stasiun Resmi

Apabila barang bawaan Anda tergolong banyak, porter bisa menjadi penolong. Porter sendiri memiliki tarif batas atas dan tarif batas bawahnya. Porter resmi pastinya sudah terkoordinir dengan baik oleh pihak stasiun. Untuk amannya, selalu gunakan porter resmi ya.

Yang terpenting, jangan malu bertanya kepada petugas KAI jika Anda merasa bingung.

Nah, itulah 6 persiapan yang harus Anda lakukan saat mudik dengan kereta api. Kira-kira persiapan lain apa lagi ya yang sering terlupa?

Leave a Reply