Menu Sarapan, Makan Siang dan Makan Malam Sehat untuk Diet

Menu Makan Sehat untuk Diet

Menu Makan Sehat untuk Diet – Saat berat badan mulai naik, inilah saatnya Anda untuk menjalankan program diet. Tapi ingat, diet bukan berarti menahan lapar selama sehari penuh.

Diet yang benar adalah mengatur dan mengontrol pola makanan yang sehat dan seimbang. Untuk itu, Anda harus memperhatikan betul apa saja makanan yang dapat membantu Anda menjalankan program diet dengan benar dan juga sehat, berikut ini saya ingin berbagi untuk Anda.

Menu Makan Pagi Sehat untuk Diet

Untuk memulai program diet di pagi hari, Anda dapat membuat sarapan yang ringan, namun mudah, enak, sekaligus bisa membantu program diet Anda lebih cepat.

Yang paling mudah, Anda bisa membuat oatmeal sebagai sarapan pagi. Baiknya hindari penggunaan susu yang terlalu manis atau menambahkan gula. Apabila Anda ingin menggunakan susu, pilihlah susu bebas lemak. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan kismis atau buah-buahan segar di oatmeal tersebut.

Selain menu sarapan yang sehat, menu sarapan diet lainnya yang bisa Anda pilih yaitu roti gandum. Anda bisa mengkonsumsi sepotong roti gandum dan segelas susu tanpa lemak sebagai menu sarapan sehat yang akan membantu program diet Anda menjadi lebih maksimal.

Menu Makan Siang Sehat untuk Diet

Untuk menu makan siang, Anda harus mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar. Apabila Anda ingin mengkonsumsi nasi, hal itu boleh-boleh saja, namun pilihlah nasi merah. Untuk lauknya, Anda bisa menambahkan ikan rebus ataupun ayam rebus. Makan yang direbus tentu lebih sehat dibandingkan menu makanan yang dibakar ataupun digoreng.

Untuk alternatif lainnya, Anda juga bisa mengkonsumsi sandwich. Selain lezat, membuat sandwich juga cukup mudah. Anda hanya perlu merebus ayam secukupnya, kemudian siapkan 2 buah roti gandum dan berikan selada secukupnya. Apabila Anda cukup sibuk, Anda bisa membeli roti sandwitch di 7eleven. Harganya cukup murah, sekitar Rp 18.000 saja.

Menu Makan Malam Sehat untuk Diet

Untuk menu makan malam, yang perlu Anda ingat yaitu jangan mengkonsumsi makan malam lebih dari jam 19.00. Jangan pula mengkonsumsi memakan yang tergolong berat atau mengandung banyak karbohidrat seperti nasi dan roti.

Anda cukup mengkonsumsi sebuah pisang dan tambahan yoghurt. Apabila Anda masih merasa lapar, cukup konsumsi buah-buahan segar saja. Untuk rekomendasi, Anda bisa mengkonsumsi buah pepaya. Jangan pula tidur terlalu larut. Hal ini malah membuat Anda merasa lapar pada malam harinya.

Bagaimana Cara Mengatur Jadwal Makan yang Tepat untuk Diet?

Jika Anda ingin menjalankan diet secara benar dan maksimal, maka Anda harus pintar-pintar dalam mengatur jadwal makan sehari-hari. Selain olahraga dan pola makan, mengatur jadwal makan juga tidak kalah pentingnya. Berikut ini rekomendasi jadwal makan sehat untuk diet Anda:

  • Sarapan, waktu sarapan yang dianjurkan yaitu jam 6 – 8 pagi. Paling lambat adalah jam 9 pagi.
  • Untuk makan siang, Anda dapat memilih jam 12 – 1 siang. Batas maksimal atau yang paling telat adalah pukul 3 sore.
  • Makan malam paling larut atau setelat-telatnya adalah pukul 7 malam.

Nah, itulah beberapa tips menu makanan sehat untuk diet Anda kali ini. Selain mengatur pola makan, Anda juga harus perhatikan jadwal makan dan tentunya olahraga yang teratur. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply