5 Rahasia Tips Mudah Meningkatkan Kreativitas Anak

Meningkatkan Kreativitas Anak

Meningkatkan Kreativitas Anak – Berpikir kreatif telah menjadi bagian penting dalam tumbuh kembang anak. Inti dari berpikir kreatif adalah menghasilkan sesuatu yang dianggap baru, bahkan melebihi dari konsep sebelumnya. Dengan mengajakan anak berpikir kreatif, tentu dapat membantu mereka terus berimajinasi dan menciptakan hal-hal baru.

Sebagai orang tua, bunda memiliki peran penting membantu mengembangkan dan meningkatkan kreativitas mereka.

Untuk itu, tidak ada salahnya bunda membantu meningkatkan kreativitas anak dengan hal berikut. Walaupun terdengar sepele dan sering diabaikan, 5 tips ini ternyata sangat berpengaruh bagi kreativitas mereka.

1. Hargai Setiap Pertanyaan yang Mereka Ajukan

Bertanya adalah salah satu bentuk keingin tahuan mereka terhadap suatu hal. Cara mereka bertanya terkadang sangat ekploratif. Bahkan, pertanyaan mereka cukup kreatif dan sukar untuk dijelaskan dalam bahasa yang mudah mereka mengerti. Karena hal ini juga, terkadang sering mengabaikan pertanyaan mereka ajukan.

Pertanyaan mereka ketika mengritisi suatu hal yang mereka anggap baru mungkin juga sedikit membingungkan. Namun, itulah kreatifitas seorang anak. Biarkan mereka mengeksplore berbagai pertanyaan yang ada di kepala mereka. Berikan jawaban dengan visual dan bahasa mereka. Tidak harus serinci mungkin, cukup berikan garis besarnya saja.

2. Gunakan Hal-hal yang Berbau Visual

Menggunakan media gambar sebagai alat belajar tentu jauh lebih menarik bagi mereka. Menggunakan media visual sebagai metode pembelajaran diyakini juga mampu meningkatkan kreatifitas mereka.

Biarkan mereka mempelajari bentuk dan bidang-bidang baru dari sebuah gambar ataupun foto. Sering-seringlah menunjukkan gambar, kemudian mintalah mereka untuk membuat cerita dari gambar tersebut. Biarkan mereka bercerita sesuai apa yang mereka pikirkan saat itu.

3. Berikan Mainan yang Mampu Meningkatkan Kreativitas Anak

Kegiatan belajar mengajar tidak melulu dengan menghitung dan membaca. Mengimbanginya dengan permainan tentu akan lebih menyenangkan. Saat ini, banyak sekali permainan edukatif yang mampu mengaplikasikan kreatifitas mereka.

Permainan yang berunsur kreatif dapat dimulai dengan mencoba hal yang memang mereka sukai. Contohnya seperti membuat kertas origami, puzzle, permaianan masak-masakan dan dokter-dokteran sekalipun. Jadi, penting juga untuk manfaatkan mainan edukatif bagi mereka.

4. Hargai Karya Anak dengan Memberikan Pujian

Sebagai bentuk apresiasi, pajanglah hasil karya mereka di kamarnya. Berikan pujian dari apa yang mereka buat. Jika hasil kreasi yang dibuat berupa gambar, bingkailah dan buat tampilannya menjadi menarik.

Dengan begitu, anak akan merasa hasil kreasi yang dbundaatnya disukai. Dengan begitu, mereka akan terpacu terus semangat berkreasi.

5. Gunakan Musik

Putar beberapa musik atau lagu anak-anak, kemudian mintalah mereka untuk ikut bernyanyi. Dengan cara ini, anak-anak juga dilatih menghafal dan mengingat sesuatu dengan lebih menyenangkan.

Meningkatkan kreativitas anak ternyata bisa dilakukan dengan cara yang tergolong sederhana bukan? Intinya, buatlah mereka terus berpikir dan berkreasi dengan nyaman. Jangan hanya memaksa mereka menguasai pengetahuan dan pendidikan formal saja. Tetap imbangi dan bekali mereka dengan berbagai bentuk keterampilan. Semoga bermanfaat 🙂