5 Langkah Mengatur Uang Bulanan dengan Gaji 2 Juta Rupiah

Mengatur Uang Bulanan

Mengatur Uang Bulanan – Merasa gaji Anda kecil? Bahkan tidak mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari? Bisa jadi kesalahan bukan dari kecilnya gaji yang Anda dapatkan. Kesalahan mengatur keuangan, bisa saja menjadi penyebab kurang tercukupinya kebutuhan hidup Anda. Mungkin beberapa tips berikut ini bisa membantu Anda lebih cermat memanfaatkan gaji Anda, walaupun hanya 2 juta rupiah.

Kecilnya gaji yang Anda dapatkan saat ini, tentu tidak lantas dijadikan sebagai kambing hitam. Jika melihat situasi ekonomi saat ini, tentu juga berpengaruh pada naiknya harga kebutuhan sehari-hari. Ketika Anda berada di kondisi tersebut, opsi yang dapat Anda pilih adalah mencari pekerjaan baru dengan gaji yang lebih besar atau berfikir kreatif mengatur pengeluaran secermat mungkin dengan menkaji kembali cara mengatur uang bulanan Anda.

Jika Anda memilih mencari pekerjaan baru, tentu akan banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan. Pilihan terbijak tentu menyiasati gaji tersebut agar dapat mencukupi kebutuahan sehari-hari.

Berikut ini tips bagaimana mengatur uang bulanan dengan gaji 2 juta rupiah.

1. Mengatur Uang Bulanan dengan Menabung 30%

Ketika menerima gaji, hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu menyisihkan sekitar 30% gaji Anda atau sekitar 600 ribu untuk ditabung. Uang tersebut bukan hanya sebagai tabung untuk masa depan Anda, namun juga untuk berjaga jika sewaktu-waktu Anda memiliki keperluan yang mendadak dan mendesak. Atau, sebegai opsi pilihan Anda bisa melirik investasi emas. Berikut ini 3 keuntungan investasi emas yang harus Anda ketahui. Ketahui juga 2 resiko menabung di bank bagi Anda pemilik tabungan dengan saldo kecil.

2. Mengatur Uang Bulanan dengan Menyisihkan 20% untuk Rekreasi atau Hiburan

Sisihkan uang Anda sebesar 20% untuk keperluan hiburan. Uang 20% tersebut dapat Anda gunakan untuk rekreasi, seperti jalan-jalan dengan teman, kekasih, atau sekedar untuk hiburan sendiri. Jangan gunakan lebih dari nilai tersebut, jumlah 20% sudah cukup proporsional. Jika gaji Anda 2 juta, maka 20% dari gaji Anda adalah 400 ribu untuk sebulan atau 100 ribu perminggunya.

3. Mengatur Uang Bulanan dengan Menetapkan Pengeluaran Rutin Bulanan Sebesar 40%

Sisihkan untuk pengeluaran rutin sekitar 40%. Jika gaji Anda sebesar 2 juta rupiah, maka besaran pengeluaran rutin Anda adalah 800 ribu. Pengeluaran ini termasuk uang makan, biaya transport, sewa kos, bayar listrik dan air. Untuk biaya pulsa atau telepon, Anda dapat beralih menggunakan chat atau voice call. Apalagi biaya internet saat ini jauh lebih murah.

4. Mengatur Uang Bulanan dengan Zakat atau Amal Sekitar 5%

Jangan lupakan hal ini. Zakat sudah menjadi kewajiban bagi Anda yang mampu. Setidaknya, hal ini sebagai rasa syukur Anda karena sudah memiliki pekerjaan dan dapat mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Berbagi tidak akan mengurangi rezeki Anda, mungkin akan membuka pintu rezeki Anda yang lain.

5. Mengatur Uang Bulanan dengan Menyiapkan Uang untuk Berjaga-jaga

Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi nanti. Uang ini memang sengaja dipersiapkan untuk keadaan yang tidak terduga. Seperti ban motor Anda bocor atau keadaan tidak terduga lainnya. Bedanya, uang ini tetap Anda bawa, hanya saja tempat menyimpannya Anda dipisahkan.

Bagaimana dengan tips mengatur uang bulanan dengan gaji 2 juta rupiah kali ini? Ini hanya sebatas gambaran umum saja. Tidak ada salahnya Anda terapkan terlebih dahulu.

Jika Anda memiliki perencanaan keuangan yang lebih baik, tetap jangan Anda lupakan pengeluaran untuk zakat. Mengatur uang bulanan dengan gaji 2 juta memang terdengar sulit, tapi bukan berarti tidak bisa bukan? Yuk, lebih bijak dalam menggunakan uang! 🙂

Leave a Reply