Alasan Mengapa Oli Motor Matik Berbeda dengan Manual?

Mengapa Oli Motor Matik Berbeda dengan Manual

Mengapa Oli Motor Matik Berbeda dengan Manual – Merawat sepeda motor matik memang berbeda dengan merawat jenis motor transisi manual. Perawatan motor matik bisa dikatakan cukup ekstra. Mulai dari perawatan mesin yang berbeda, hingga perawatan penunjang lainnya. Perawatan tersebut tentu untuk menjaga manufer motor matik tetap baik, khususnya untuk penggunaan sehari-hari.

Salah satu perawatan motor matik yang umum yaitu pergantian oli motor. Jika pada motor jenis transmisi manual cukup dengan mengganti oli mesin saja secara rutin, berbeda dengan matik. Motor bertipe matik juga membutuhkan pelumas lain, yaitu oli gardan.

Apa yang Membedakan Oli Motor Matik?

Jika dilihat dari jenis kendaraan roda dua yang ada saat ini, ada dua jenis transmisi, yaitu matik dan manual. Nyatanya, keduanya memiliki perbedaan pada karakter jenis olinya. Oli motor matik tentu tidak bisa disamakan dengan jenis motor manual pada umumnya.

Putaran Mesin Tinggi

Di balik itu semua, ada beberapa alasan mengapa oli motor matik itu khusus. Yang pertama, karena mesin dengan jenis skutik atau motor matik cenderung lebih kecil. Putaran mesin yang terjadi umumnya juga tinggi, sehingga mesin akan lebih mudah panas jika dibanding dengan sepeda motor transmisi manual.

Sistem Kopling Kering

Hal kedua, motor matik mengadopsi sistem kopling kering. Hal ini tentu berbeda dengan sepeda motor transisi biasa yang berkarakter kopling basah. Untuk itulah oli sepedah motor dengan trasmisi matik memiliki formula unggulan untuk membantu mereda gesekan pada mesin. Sedangkan pada motor manual, formulasinya memang khusus untuk menjaga gesekan agar kopling tidak mudah selip.

Kekentalan Oli

Ketiga, tipikal pada oli motor matik harus memiliki kekentalan yang jauh lebih baik dibanding oli motor manual. Mengingat temperatur mesin motor matik sangat tinggi, tentu oli motor matik harus yang lebih tahan terhadap proses penguapan. Paling tidak itulah beberapa alasan mengapa oli motor matik dibedakan.

Pemilihan oli yang tepat, tentu dilakukan agar mesin spedah motor matik lebih awet dan tahan lama. Untuk itu pula, sebaiknya oli motor matik yang dipilih disesuaikan dengan anjuran pabrikan. Gunakan oli motor sesuai dengan karakteristik mesin motor Anda. Akan lebih baik jika tetap menggunakan oli anjuran pabrikan motor tersebut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply