Menangani Motor Matik Mogok Saat Musim Hujan Tiba

Menangani Motor Matik Mogok Saat Musim Hujan

Menangani Motor Matik Mogok Saat Musim Hujan – Beberapa kota di Indonesia mengalami musim penghujan. Beberapa hari terakhir, Jakarta pun juga terus mendapat guyuran hujan di setiap harinya. Meningkatnya intensitas curah hujan di kota Jakarta menyebabkan beberapa titik jalan protokol tergenang air cukup tinggi.

Hujan yang terjadi kala ini, ternyata menjadi salah satu permasalahan yang cukup mengganggu para pengendara sepeda motor, khususnya pengendara motor matik. Selain membuat aktivitas perjalanan Anda terganggu, banyaknya genangan air di jalan Jakarta kerap membuat motor matik Anda  mengalami kemogokan. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan tips menangani motor matik saat musim hujan tiba berikut.

CVT

Pertama, perhatikan keadaan sistem penggerak seperti Continous Variable Transmission (CVT). Meskipun CVT tertutup rapat, tetap saja ketika melewati genangan air dengan kedalaman 20-70cm tetap memungkinkan air masuk ke CVT. Bila CVT kemasukan air, sebaiknya motor jangan langsung

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuang dahulu air yang masuk ke dalam CVT. Pinggirkan motor dan cari lokasi yang aman, kemudian buka CVT untuk membuang air yang masuk tadi. Jangan langsung menghidupkannya, menyalakan motor matik saat kondisi tersebut ternyata bisa membuat CVT cepat rusak. Selanjutnya, jika motor matik sering menerabas paksa jalan tergenang, lakukan pemeriksaan busi dan ruang busi secara rutin. Segera ganti bila busi sudah terlihat kurang baik.

Filter Udara

Bersihkan filter udara, atau yang lebih dikenal sebagai saringan udara. Hal ini agar motor Anda terhindar dari kotoran, debu ataupun sejenisnya. Hal yang ditakutkan dari kotoran atau debu ini yaitu jika sudah mengalami pengerasan. Kotoran atau debu yang mengeras dapat membuat penyumbatan pada filter mesin.

Mengecek filter udara tentu sangat penting. Mengingat filter udara merpakan piranti yang sebaiknya rutin dibersihkan. Lakukan pengecekan setidaknya dua minggu sekali, khususnya saat musim penghujan tiba. Itulah beberapa tips menangani motor matik yang mogok saat musim hujan tiba. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply