Masjid Kubah Emas Depok, Destinasi Wisata Religi di Kota Depok

Masjid Kubah Emas Depok

Masjid Kubah Emas Depok – Destinasi wisata religi saat ini masih terhitung jari. Salah satu destinasi wisata religi yang santer terdengar di Kota Depok adalah Masjid Dian Al Mahri, atau yang terkenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas.

Masjid Kubah Emas Depok mulai diresmikan pada 31 Desember 2006. Tanggal itu juga bertepatan dengan dilaksanakannya sholat Idul Adha 1427 H.

Pendirinya dari Masjid Dian Al Mahri adalah Ibu Hj Dian Juriah Maimun Al Rasyid dan Bapak Drs. H. Maimun Al Rasyid. Julukan Masjid Kubah Emas Depok diberikan karena ciri khas pada kubah bangunan Masjid yang berlapis emas.

Ornamen Emas pada Masjid

Masjid ini menerapkan beberapa unsur material logam emas. Proses pemasangannya menggunakan 3 teknik pada lokasi yang berbeda.

Pertama, serbuk emas yang dipasang pada mahkota atau pilar. Kedua, emas di pasang pada lampu gantung, ralling tangga mezanin, pagar mezanin, ornament kaligrafi, pucuk langit-langit kubah dan ornament dekoratif diatas mimbar mihrab. Dan yang terakhir, emas gold mozaik solid yang dipasang pada kubah utama dan kubah menara Masjid.

Masjid Kubah Emas Depok memiliki luas sekitar 8000 m2, dengan luas tanah 70 hektar. Masjid ini merupakan bagian dari konsep pengembangan kawasan terpadu yang diberi nama Kawasan Islamic Center Dian Al-Mahri. Kawasan masjid yang luas sering disebut sebagai Masjid dengan kawasan termegah di Asia Tenggara. Kapsitas Masjid memiliki daya tampung cukup besar, yaitu sekitar 15.000 jamaah. Apabila saat hari raya besar umat islam, Masjid mampu memuat kurang lebih 20.000 jamaah yang sholat di sini.

Ruangan utama Masjid Kubah Emas Depok ini berukuran sekitar 45×57 meter, dan mampu menampung sekitar 8.000 jamaah. Masjid ini juga mempunyai 6 minaret berbentuk segi enam dengan tinggi masing-masing 40 meter yang berbalut granit abu-abu dari Italia. Pada puncak minaret Masjid terdapat sebuah kubah yang dilapisi dengan mozaik emas 24 karat.

Dekor kubah masjid ini memang berkiblat pada gaya kubah khas Persia dan India. Di langit-langitnya, terdapat lukisan bergambar langit yang mampu berubah warna sesuai dengan waktu-waktu sholat. Hal ini tidak lain karena teknologi tata cahaya yang sudah diprogram dengan bantuan teknologi komputer.

Kawasan Dian Al Mahri atau Masjid Kubah Emas Depok ini telah menjelma menjadi sebuah destinasi wisata religi umat Islam dari berbaga penjuru. Setiap akhir pekan dan libur nasional, bisa dipastikan banyak pengunjung yang datang. Jumlahnya cukup fantastis, tidak kurang sekitar 50.000 jama`ah datang dari berbagai penjuru dan pelosok Indonesia.

Wisata Religi Warga Depok dan Luar Kota

Destinasi wisata religi Masjid Kubah Emas Depok ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. Saat sedang mengalami problema hidup, terkadang kita butuh tempat tenang yang dapat meningkatkan ketentraman batin dan spiritual.

Bagi para orang tua yang ingin memberikan edukasi spiritual kepada buah hatinya juga bisa berkunjung ke Masjid ini. Masjid Kubah Emas Depok ini berlokasi di kawasan Kawasan Islamic Center Dian Al-Mahri, Jl. Raya Meruyung, Limo, Depok di Kecamatan Limo, Depok.

Leave a Reply