5 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Diketahui

Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

Manfaat Tertawa untuk Kesehatan – Hidup sehat ternyata tidak melulu dengan makanan sehat dan olahraga loh. Bukan hanya membuat lebih senang dan ceria saja, tertawa ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan Anda. Manfaat tertawa bagi kesehatan pertama kali dipaparkan oleh Norman Cousinus, tepatnya pada tahun 1979. Norman Cousinus mengungkapkan hal ini melalui buku yang diterbitkannya, berjudul “Anatomy of an lllness”.

Pendapat ini juga didukung secara tidak langsung oleh Thomas Sydenham, dokter asal Inggris. Pada abad ke 17, Thomas Sydenham menyatakan melalui tulisannya: “Kedatangan badut ke desa ternyata bisa meningkatkan kesehatan daripada 20 kali minum obat.”

Wah, ternyata sudah banyak yang meyakini akan manfaat tertawa bagi kesehatan ini ya. Lantas, apa saja sih 5 manfaat tertawa itu?

Ketika Anda tertawa, tandanya Anda sedang bahagia, maka saat itulah pikiran Anda akan terasa lebih rileks. Hal ini juga berpengaruh langsung dengan denyut jantung Anda. Rasa rileks ini akan membuat detak jantung jadi lebih lambat dan santai.

Manfaat Tertawa untuk Kesehatan:

1. Membuat Anda Lebih Rileks

Akibatnya, kerja jantung Anda pun akan lebih ringan dan stres pun akan berkurang. Uniknya, tertawa juga membantu merangsang hormon endorphin Anda loh. Endorphin sendiri merupakan hormon anti sakit alami yang dihasilkan oleh otak. Hal ini dikatakan John  morreall, president of Humorworks, Florida, Amerika Serikat.

2. Meningkatkan Mood

Tertawa juga mampu mengembalikan mood Anda loh. Ketika Anda melontarkan dan mendengar humor, maka Anda pun akan memiliki kedekatan satu sama lain dengan lawan bicara Anda.

Itu juga sebab mengapa para ahli masalah seputar pernikahan menganjurkan untuk melibatkan humor dan candaan dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya, bagi pasangan suami istri.

Dengan tertawa Anda  mudah berpikir positif. Sehingga Anda lebih mudah menghadapi dan memecahkan tantangan dengan lebih baik.

3. Analgesik Alami Tubuh

Jika Anda merasa sakit atau nyeri di bagian tubuh tertentu, maka tertawa saja. Dengan tertawa, produksi serotonin dan endorfin akan terangsang dan membantu meningkatkan suasana hati Anda. Hormon tersebut juga berfungsi sebagai obat penghilang rasa sakit alami.

4. Membuat Umur Lebih Panjang

Orang yang terlihat lebih sering tertawa, ternyata lebih awet muda dan panjang umur loh. Karena rasa rileks dan mood yang baik, maka Anda akan terhindar dari stres. Inilah yang membuat umur Anda lebih panjang.

5. Membantu Meningkatkan Produktifitas

Sementara itu William Fry, profesor emeritus psikiatri dari Universitas Stanford, berpendapat kreativitas dan humor adalah suatu kesatuan yang identik. “Tertawa dapat menyatukan dua hal yang sepertinya tidak saling berhubungan dan menciptakan hubungan.”

Dengan tertawa, Anda akan lebih merasa bahagia, berpikir positif dan memiliki mood yang baik, maka secara tidak langsung, produktifitas Anda pun akan meningkat. Melakukan aktifitas dan pekerjaan pun tentu akan lebih menyenangkan.

Itulah beberapa manfaat tertawa untuk kesahatan Anda. Untuk itu, jangan terlalu serius ya, tertawa yuk agar tetap sehat! 🙂

Leave a Reply