Manfaat Minum Jus Buah dan Sayur Berdasarkan Warna dan Kandungannya

Manfaat Minum Jus Buah dan Sayur

Manfaat Minum Jus Buah dan Sayur – Banyak penelitian yang menyatakan jus buah dan sayur termasuk makanan dan minuman yang sehat untuk tubuh. Jus buah dan sayur, ternyata juga bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan tubuh dari berbagai macam penyakit. Lantas, apa saja yang membuat jus buah dan sayur begitu bermanfaat untuk tubuh kita?

Buah dan Sayuran Berwarna Hijau (Zat Klorofil)

Zat klorofil yang terkandung dalam sayuran hijau, ternyata dapat membantu membersihkan darah dalam tubuh. Zat ini juga membantu membuang berbagai zat-zat dan racun tidak baik dari dalam tubuh kita loh.

Apabila zat ini tidak dibuang, maka dapat memicu berbagai macam penyakit berbahaya. Contoh buah dan sayur yang mengandung klorofil diantaranya seperti, bayam, brokoli, asparagus, daun selada dan sayuran hijau lainnya. Selain klorofil, sayuran hijau ternyata juga mengandung banyak zat besi.

Buah dan Sayuran Berwarna Merah (Antosianidin)

Sekarang kita akan membahas antosianidin. Antosianidin terdapat pada jus buah dan sayuran berwarna merah. Ternyata, kandungan ini dapat meminimalisir kemungkinan terserang penyakit kanker. Selain itu, antosianidin juga membantu mengontrol kadar gula dalam darah dan mempercepat regenerasi sel.

Regenerasi sel ini juga lah yang akan mempercepat proses penyembuhan Anda. Kandungan antosianidin sendiri bisa Anda dapatkan pada buah strawberry, semangka, jambu biji dan lainnya.

Vitamin C, Betakaroten, Likopen dan Lutein

Manfaat jus buah dan sayur lainnya, yaitu kandungan vitamin C, betakaroten, likopen dan lutein. Kandungan ini mampu menangkal dan meredam infeksi dari bakteri dan virus. Bahkan, kandungan ini juga mampu merangsang proses peremajaan sel, sehinggga dapat mencegah kanker, mengeluarkan kolesterol dan mencegah penuaan dini.

Buah dan Sayuran Berwarna Putih

Beda lagi dengan manfaat jus buah dan sayuran berwarna putih. Sayuran seperti, lobak, tauge, kelapa, sirsak, pir, bengkuang dan yang lainnya, ternyata berperan sebagai peredaman infeksi bakteri dan virus. Selain itu, kandungan dari buah dan sayur berwarna putih ini juga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dan gangguan saraf.

Buah dan Sayuran Berwarna Ungu (Antosianin)

Lain juga dengan manfaat jus buah dan sayuran berwarna ungu. Buah dan sayur berwarna ungu contohnya seperti, blueberry, anggur, terong belanda, bit dan lainnya, ternyata banyak mengandung antosianin yang bermanfaat sebagai zat antikanker.

Manfaat jus buah dan sayur secara umum yaitu meringankan kerja saluran cerna. Karena bentuknya yang cair, jus buah dan sayur akan mudah sekali dicerna dan diserap oleh tubuh. Bahkan, jus hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk dicerna tubuh. Bagaimana? Banyak sekali bukan manfaat dari jus buah dan sayur? Selain enak, tentunya juga sehat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply