3 Manfaat Mainan Edukatif bagi Anak

Manfaat Mainan Edukatif bagi Anak

Manfaat Mainan Edukatif bagi Anak – Perkembangan teknologi saat ini membuat si kecil lebih suka bermain dengan gadget. Tentu hal ini tidak sepenuhnya baik.

Seperti yang sudah bunda dengar sebelumnya, penggunaan gadget bagi anak lebih berpotensi menghambat tumbuh kembang otak mereka. Penggunaan gadget yang berlebihan juga dikhawatirkan merusak mata mereka. Sebagai orang tua, tentu hal ini menjadi permasalahan yang cukup serius.

Boleh saja memberikan si kecil gadget, asal bunda tetap memantau dan memberi batasan waktu bagi mereka. Baiknya, bunda juga berikan alternatif mainan lain untuk mereka. Bukan hanya sekedar mainan, tetapi mainan yang memiliki manfaat dan sisi edukasi yang baik.

Mainan edukatif tentu tidak harus mahal. Mainan seperti masak-masakan, alat musik dan buku cerita pun bisa jadi pilihan alternatif bagi si kecil.

Kenapa kita harus memberikan mainan edukatif? Berikut ini ulasan singkat mengenai manfaat mainan edukatif bagi anak.

1. Mainan Edukatif Bermanfaat Melatih Motorik Anak

Manfaat mainan edukatif bagi anak yang pertama, yaitu membantu melatih dan meningkatkan sistem motorik halus dan kasar pada anak. Seperti meraba, memegang, menggenggam dan lainnya.

2. Mampu Menambah Wawasan Anak

Manfaat lain mainan edukatif yaitu menambah pengetahuan anak. Seperti halnya ketika bermain masak-masakan, secara tidak langsung mereka juga akan belajar mengenal bermacam-macam sayur.

3. Membantu Anak Lebih Konsentrasi dalam Memecahkan Masalah

Mainan edukatif seperti puzzle dapat membantu anak lebih fokus. Dengan begitu, konsentrasi anak akan lebih terlatih ketika melakukan sesuatu hal. Permainan seperti puzzle juga membantu memacu mereka berpikir lebih kreatif.

Nah, itulah beberapa manfaat mainan edukatif bagi anak. Apakah bunda sudah memiliki mainan edukatif sendiri untuk si kecil di rumah? Mainan edukatif apa yang Ibu berikan untuk si kecil? Yuk, share dan rekomendasikan ke ibu lainnya.