Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Berbagai Penyakit

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan – Kali ini saya ingin berbagi info tentang daun yang mungkin sudah Anda kenal sebelumnya. Ya, daun salam,. Daun yang satu ini memang sudah terkenal akan khasiatnya. Tanaman salam merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah, bahkan di pekarangan rumah atau kebun sekalipun.

Tanaman salam, khususnya pada bagian daunnya memang terkenal karena beragam kegunaannya. Bahkan, manfaat daun salam untuk kesehatan sudah dikenal sejak dahulu.

Tidak hanya sebagai tanaman kesehatan, daun salam juga terkenal sebagai bumbu masakan khas Indonesia.

Banyaknya manfaat daun salam untuk kesehatan juga ditandai dengan banyaknya obat-obatan herbal yang menggunakan tanaman ini, dan telah dibuktikan melalui beragam penelitian resmi maupun independen.

Kandungan zat gizi dan zat non-gizi pada daun salam disebut fitonutrien. Kandungan ini merupakan kontributor utama khasiat dan manfaat daun salam untuk kesehatan kita. Khasiat ini juga dipercaya mampu menekan beberapa penyakit, seperti obat asam urat, diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi, hingga menurunkan berat badan atau diet.

Khasiat dan manfaat daun salam untuk kesehatan lainnya yaitu untuk mengobati diare, sakit perut, kolesterol, maag, hingga sebagai bahan pasta gigi tradisional. Melihat khasiat dan manfaatnya, tentu daun salam kini tidak hanya dipandang sebagai bahan dan pelengkap bumbu masakan saja.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, bagaimana daun salam yang memiliki rasa pahit dan bau kurang harum ini bisa menjadi tanaman yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan? Beberapa kandungan yang terdapat pada daun salam memang memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Khasiat dan manfaat daun salam untuk kesehatan, yaitu:

  • Minyak esensial memiliki kandungan eugenol dan metil kavikol.
  • Ekstrak etanol digunakan sebagai anti-jamur dan anti-bakteri.
  • Ekstrak metanol bermanfaat sebagai anti-cacing.
  • Kandungan kimia daun salam juga meliputi flavonoida, tannin, hingga minyak atsiri.
  • Vitamin B kompleks dan vitamin C bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat.

Cara Memilih Daun Salam untuk Pengobatan

Bagaimana cara memilih daun salam untuk kesehatan? Khususnya untuk diolah kembali sebagai obat tradisional?

Pertama, pilihlah tumbuhan salam yang memiliki daun lebar, dengan warna hijau cerah dan masih terlihat segar. Untuk daun yang kering, Anda dapat memilih daun dengan tekstur yang tidak mudah patah dan tidak ada lubang.

Kegunaan dan Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

1. Daun Salam Bisa Membuat Gigi Lebih Putih dan Bersih

Masyarakat dahulu meyakini jika daun salam bisa membuat gigi lebih putih dan bersih. Tidak heran, jika saat ini banyak pasta gigi yang terbuat dari bahan herbal, seperti daun salam. Lalu, bagaimana cara menggunaan daun salam untuk memutihkan gigi?

Pertama Anda dapat menjemur daun salam dan kulit jeruk hingga kering. Kemudian haluskan dengan cara ditumbuk, jika sudah campurkan keduanya bahan bersama air. Aduk dan ratakan hingga bertekstur seperti pasta.

2. Daun Salam Bisa Menurunkan Kolesterol dan Diabetes

Manfaat daun salam untuk kesehatan lainnya, yaitu untuk menurunkan kolestrol dan diabetes. Cara mengolah tanaman ini sebenarnya cukup mudah. Pertama, sediakan 10 – 15 lembar daun salam segar, cuci dan rebus dengan 3 gelas air.

Tunggu hingga air rebusan hanya tersisa sampai 1 gelas saja. Jika sudah dinginkan, lalu saring air rebusan tadi dan minum sekaligus pada malam hari. Lakukan secara rutin dan berkala.

3. Manfaat Daun Salam untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Bagi Anda yang saat ini mengalami permasalahan berat badan berlebih, daun salam juga bisa menjadi ramuan tradisional yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencuci 20 – 30 lembar daun salam, lalu merebusnya bersama 4 gelas air. Tunggu hingga air rebusan tersisa hanya 2 gelas saja, setelah itu angkat dan tiriskan hingga dingin.

Minumlah 2 kali sehari, khususnya pada pagi dan malam sebanyak 1 gelas. Lihat dan pantau kondisi berat badan secara berkala. Jika masih belum ada perubahan, berarti pola makan Anda harus diperhatikan kembali.

4. Daun Salam Mampu Mengobati Kencing Manis

Tidak hanya kolesterol saja, manfaat daun salam untuk kesehatan lainnya yaitu mengobati kencing manis. Bagaimana caranya? Cukup rebus daun sebanyak 7 – 15 lembar dalam 3 gelas air. Masak dan tunggu sampai air tersisa hanya 1 gelas saja. Saring dan tiriskan hingga dingin, lalu minum sebelum makan. Lakukan hal ini secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari.

5. Daun Salam Bermanfaat Juga untuk Menurunkan Tekanan Darah

Untuk pengobatan darah tinggi, Anda dapat sediakan 7 – 10 lembar daun salam yang masih segar. Kemudian, rebus bersama 3 gelas air hingga air rebusan tersebut hanya tersisa 1 gelas. Setelah itu tiriskan, saring dan minum rebusan daun salam tersbeut sebanyak 2 kali sehari. Masing-masing cukup setengah gelas saja.

6. Manfaat Ramuan Herbal dari Rebusan Daun Salam

Untuk alternatif lainnya, Anda juga bisa mencampur air rebusan daun salam dengan bahan lainnya.

Manfaat daun salam untuk kesehatan, ternyata tidak hanya untuk penyakit-penyakit kronis saja. Untuk Anda penderita maag pun bisa mencoba manfaat daun salam berikut. Cara mengolah air rebusan daun alam ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.

Pertama, cuci bersih 15 – 20 lembar daun segar. Setelah itu, rebus dengan ½ liter air hingga mendidih, kurang lebih selama 15 menit. Tambahkan gula jawa (aren) secukupnya. Setelah itu, tiriskan air rebusan hingga dingin minumlah setiap hari hingga rasa perih dan penuh di lambung berkurang dan hilang.

7. Daun Salam Sebagai Ramuan Herbal untuk Mengatasi Mabuk Alkohol

Jika sebelumnya kita membahas manfaat daun salam untuk kesehatan, maka kali ini kita akan membahas manfaat buah salam, khususnya untuk mengatasi mabuk karena alkohol.

Pertama, cuci satu genggam buah salam yang sudah masak, kemudian tumbuk dan peras airnya. Saring air perasan buah salam tersebut, kemudian minumlah. Tunggu hingga efek mabuk dari alkohol hilang secara perlahan.

8. Daun Salam Sebagai Obat Diare Alami

Tidak hanya digunakan untuk menanggulagi penyakit. Manfaat daun salam untuk kesehatan juga meliputi beberapa masalah pencernaan. Selain buah jambu biji muda, daun salam pun ternyata memiliki manfaat yang sama.

Buah ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati diare. Cara mengolahnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan 15 lembar daun salam yang masih segar. Kemudian rebus dalam dua gelas air dan tunggu hingga mendidih. Tambahkan sedikit garam dan tiriskan hingga air terasa dingin. Kemudian minum air tersebut.

9. Manfaat Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat

Pertama sediakan 10 lembar daun salam yang sudah dikeringkan atau dijemur. Namun, pastikan daun tersebut kering karena terjemur di bawah sinar matahari. Sebelum menjemur daun salam, pastikan daun tidak ada kotoran yang menempel di sekitar permukaannya.

Untuk merebus daun salam, sebaiknya menggunakan panci, ketel, ataupun ceret. Rebuslah air sebanyak 10 gelas dengan api sedang, setelah mendidih kecilkan api.

Masukan 10 lembar daun salam yang sudah kering tadi, lalu rebus lagi hingga air rebusan hanya tersisa 7 gelas saja.

Agar rebusan daun salam dapat lebih efektif menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda, lakukan dan konsumsi air rebusan tersebut secara teratur. Lakukan sebanyak 1 – 2 kali sehari. Anda juga dapat menyimpan air rebusan tadi di wadah tertutup yang kedap udara.

Hal ini agar khasiatnya dan manfaat daun salam dapat bertahan lama, biasanya 2 – 3 hari. Di hari selanjutnya, Anda dapat merebus kembali air tadi (cukup panasi sebentar).

Daun salam memang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan bisa membantu mengobati asam urat. Namun, Anda pun juga dituntut untuk menjaga pola makan Anda.

Hindari makanan dengan zat purin yang tergolong tinggi, contohnya ikan sarden, kerang, cumi, udang, bebek, angsa, burung, jeroan, kaldu instan dan jenis makanan yang menggunakan ragi seperti tapai, brem, donat, roti dan jenis makanan fermentasi yang lain.

Itulah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan Anda. Selain mudah didapat, tanaman ini pun mudah sekali ditemukan. Tertarik untuk mencoba manfaatnya?

Leave a Reply