Bagaimana Makanan yang Sehat untuk Tubuh? Ini Loh 5 Kriterianya

Makanan yang Sehat untuk Tubuh

Makanan yang Sehat untuk Tubuh – Pola konsumsi makanan yang tidak sehat mungkin sudah menjadi bagian dari masyarakat modern saat ini. Konsumsi makanan yang sembarangan jelas menjadi jawaban dari berbagai penyakit yang saat ini banyak timbul.

Permasalahan ini sebenarnya cukup klasik. Namun, tahukah Anda efek terparah dari semua ini? Ya, penyakit kanker.

Pertanyaannya, apakah makan yang sehat untuk tubuh itu memang sudah sulit didapatkan? Eits, tunggu dulu, sebelum menjawabnya, mungkin Anda harus menjawab pertanyaan berikut ini.

Bagaimana Sih Makanan yang Sehat untuk Tubuh?

Banyak dari kita yang belum mengetahui apa sebenarnya makanan yang sehat itu. Jika belum tahu, tentu kita akan kesulitan menemukan kriteria makanan sehat yang sebenarnya.

Untuk yang belum tahu bagaimana makanan yang sehat itu, berikut ini 5 kriteria makanan yang sehat untuk tubuh.

1. Makanan yang Mengandung Sayur dan Buah

Makanan yang sehat harus mengandung cukup serat bagi tubuh. Sumber serat alami yang dibutuhkan akan terpenuhi dari berbagai macam sayur dan buah yang Anda konsumsi.

Bukan hanya serat, vitamin dan protein nabati yang terkandung di dalamnya juga dapat menjadi sumber asupan yang baik bagi tubuh.

Ada baiknya, Anda juga lengkapi konsumsi berbagai jenis sayuran hijau. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah sebagai pencuci mulutnya.

Buah yang bisa Anda pilih diantaranya: semangka, kiwi, apel dan manggah. (5 buah pencuci mulut yang menyehatkan versi Republika Online)

2. Hindari Makanan Siap Saji

Makanan siap saji bukan berarti tidak layak konsumsi, namun sudah pasti termasuk jenis makanan olahan.

Hal itulah alasan kenapa makanan siap saji sebaiknya tidak disantap sesering mungkin.

Makanan olahan biasanya lebih banyak mengandung bahan baku hewani. Padahal, makanan hewani dapat mengakibatkan obesitas bila dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itulah, makanan ini sebaiknya dihindari juga oleh anak-anak.

3. Makanan yang Direbus ataupun Dikukus

Proses pengolahan makanan memang berpengaruh besar bagi kesehatan orang yang mengkonsumsinya. Makanan dengan cara direbus atau dikukus, tentu memberikan efek yang berbeda dibandingkan makanan yang digoreng ataupun di bakar.

Makan yang diolah dengan cara digoreng, diyakini dapat memicu penyakit kangker. Terutama, jika pergantian minyak dilakukan tidak secara rutin.

Makanan yang dibakaar juga memiliki dampak yang hampir sama. Efek dari pengolahan yang satu ini yaitu prokarsinogen. Tanda-tanda makanan yang berindikasi prokarsinogen yaitu adanya bagian yang sudah menjadi arang atau gosong.

4. Makanan yang Higienis

Makanan yang sehat untuk tubuh haruslah bersih dan higienis. Jika Anda makan di luar, tentu kebersihan sudah menjadi faktor kesekian.

Kelalaian akan hal ini juga menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit-penyakit seputar pencernaan.

Untuk melihat makan yang dijual itu bersih atau tidak, Anda bisa melihat gerobak, tempat ataupun kebersihan si penjualnya itu sendiri.

Untuk lebih baiknya, Anda bisa membawa makanan sendiri dari rumah. Selain hemat, tentu juga sehat.

5. Pola Makan yang Proporsional

Pola makan yang baik, tentu harus teratur dan proporsional. Mengkonsumsi makanan yang sehat untuk tubuh saja tentu tidak cukup.

Porsi dan asupannya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Maka, pastikan makanan yang dikonsumsi sudah sesuai dengan porsi dan asupan yang tubuh butuhkan. Perhatikan juga jumlah kalori, vitamin dan nutrisinya.

Setelah Anda mengetahui apa saja kriteria makan yang sehat untuk tubuh itu, sekarang saatnya Anda menerapkannya.

Sebenarnya, tidak begitu sulit kok. Permasalahan utamanya adalah kesadaran kita yang masih kurang akan hal ini.

Untuk Anda yang masih muda, ada baiknya mulai menghindari makanan kemasan seperti mie instan dan jenis makanan olahan lainnya. Siapkah Anda untuk hidup sehat?

Leave a Reply