Mainan Anak Bayi Umur 3 Bulan Hingga 6 Bulan

Mainan Anak Bayi Umur 3 Bulan Hingga 6 Bulan

Mainan Anak Bayi Umur 3 Bulan Hingga 6 Bulan – Di bulan pertama, anak bayi akan belajar menangkap dan mengenali berbagai objek. Mulanya, mereka akan  belajar melihat dan mendengar berbagai objek baru. Di awal perkembangannya anak bayi juga mulai melihat beragam objek pada jarak sekitar 30 cm.

Selanjutnya, ketajaman penglihatannya akan diperoleh setelah bayi beranjak di bulan kedua, atau ketika tinggi badannya mencapai 37-38 cm. Di usia ini bayi sudah mulai tertarik dengan berbagai benda, termasuk mainan.

Sebagai orang tua, tentu bunda ingin membantu meningkatkan tumbuh kembang mereka bukan? Nah, berikut ini beberapa rekomendasi jenis mainan anak bayi umur 3 bulan hingga 6 bulan yang bisa bunda berikan kepada mereka untuk membantu tumbuh kembangnya.

1. Mainan untuk Digigit (Theeters)

Mainan ini berfungsi melatih motorik mereka dalam menggigit. Saat bayi mengalami tumbuh gigi pertama kali, mereka akan merasa gatal dan asing.

Mereka akan mencari objek atau barang yang bisa mereka gigit. Sebenarnya hal ini wajar-wajar saja, hanya saja tidak semua barang streril untuk mereka gigit. Untuk itu, bunda harus tetap menjaga dan memastikan barang yang mereka gigit bukanlah barang yang berasal dari sembarang tempat.

Nah, itulah fungsi mainan yang satu ini. Walaupun terdengar sepele, namun mainan anak bayi umur 3 bulan hingga 6 bulan ini tergolong penting.

2. Mainan Berputar

Anak bayi sangat tertarik pada objek baru yang baru pertama kali mereka lihat. Itulah sebabnya banyak orang tua yang membelikan mainan berputar untuk bayi mereka. Mainan ini biasanya digantung di atas ranjang atau tempat tidur si anak.

Mainan ini berfungsi untuk membantu meningkatkan reflek dan fokus mereka pada objek bergerak. Mainan ini termasuk juga mainan anak bayi umur 3 bulan pertama.

3. Boneka Berbahan Karet dan Lembut

Anak bayi sangat menyukai objek-objek baru dengan warna menarik. Namun, karena ketidak tahuan mereka, terkadang mereka juga menggigit objek tersebut. Nah, untuk lebih amannya kita bisa memberikan mereka boneka berbahan karet yang lembut. Bukan tidak boleh memberikan mereka boneka biasa, namun bahan boneka yang umumnya berbulu tentu dapat mengganggu pernapasan mereka. Apalagi jika bulunya sampai terhendus ke dalam hidung ataupun masuk ke mulut mereka.

4. Mainan yang Memiliki Suara (Rattle)

Mainan anak bayi umur 3 bulan ini termasuk mainan favorit. Hampir semua ibu pasti membelikan mainan ini untuk bayi mereka. Mainan ini berfungsi untuk membantu reflek mereka dalam mengenali suara-suara. Secara tidak langsung, mainan ini akan membantu kepekaan pendengaran mereka juga.

5. Benda Berwarna Terang

Mainan berwarna kontras dan terang tentu lebih menarik perhatian mereka. Itulah sebabnya mengapa anak-anak lebih suka warna terang seperti merah dan kuning. Mainan berwarna terang tersebut akan membantu fokus mereka dalam mengenal objek dan benda-benda baru.

Itulah beberapa jenis mainan anak bayi umur 3 bulan hingga 6 bulan yang bisa bunda jadikan rekomendasi untuk si buah hati. Namun, sebelum bunda membelikan mainan bayi umur 3 bulan hingga 6 bulan, bunda harus cermat juga dalam memilih mainan mana saja yang bisa membantu fungsi motorik mereka.

Mengapa Harus Memberi Mainan Edukatif

Mengapa bunda harus cermat saat membeli mainan anak bayi umur 3 bulan hingga 6 bulan? Karena mainan yang tepat dapat membantu buah hati lebih peka. Jangan salah ya bunda, pada usia 3 bulan bayi tidak hanya minum asi dan tidur saja. Bayi sebaiknya juga diberikan mainan yang dapat membantu mempercepat rangsangan saraf motorik halus mereka.

Pada saat usia tersebut, si kecil memang belum mampu melakukan banyak hal, tapi sebenarnya alat indera mereka cukup sensitif mengenali rangsangan-rangsanga dari luar.

Oleh sebab itu, bunda bisa memilih mainan berwarna mencolok, namun aman bila si bayi menggigitnya. Nah, itulah alasan mengapa sebaiknya bunda memberikan mainan anak bayi umur 3 bulan hingga 6 bulan yang tepat.

4 Replies to “Mainan Anak Bayi Umur 3 Bulan Hingga 6 Bulan”

Leave a Reply