Keuntungan Investasi Emas, Ini 3 Keunggulannya

Keuntungan Investasi Emas

Keuntungan Investasi Emas – Investasi dapat menjadi pilihan lain bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan. Salah satu investasi yang cukup menarik untuk Anda pilih adalah emas. Kenapa? Tidak sedikit orang yang memilih emas sebagai investasinya, walaupun kebanyakan orang lebih menyukai investasi dalam bentuk lain, seperti deposit atau properti. Padahal, keuntungan investasi emas cukup menjanjikan. Khususnya bagi Anda yang tidak ingin mengambil resiko kerugian terlalu besar. Menariknya, investasi emas ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Seperti investasi pada umumnya, Anda hanya perlu membeli disaat harga emas turun dan menjualnya kembali disaat harganya tinggi. Sayangnya, keuntungan yang Anda dapatkan nanti harus Anda bayar dengan mengorbankan waktu menunggu nilai jualnya pada posisi tinggi.

Apa saja keuntungan investasi emas dan mengapa investasi ini sebaiknya Anda coba? Ini dia 3 alasannya.

1. Nilainya yang Stabil

Keuntungan investasi emas yang pertama adalah karena nilainya yang stabil. Kenaikan dan angka pertumbuhan emas rata-rata sekitar 10-20% per tahun. Pertumbuhan ini membuat inflasi yang kerap terjadi tidak begitu berpengaruh pada nilai jual emas.

Pertimbangan lain menjadikan emas sebagai investasi adalah nilai tahunan emas yang selalu lebih tinggi diatas nilai inflasi rata-rata.

Sebagai material yang tergolong bahan baku atau bukan produk jadi, emas termasuk barang yang tidak kena pajak. Berbeda jika Anda menginvestasikan uang disektor properti atau lainnya.

2. Tergolong Investasi yang Low Risk

Selanjutnya, keuntungan investasi emas yang kedua adalah tergolong investasi yang low risk. Resiko kerugian emas cenderung kecil. Nilai emas yang cenderung naik, tentu membuat harga jual kembalinya tidak akan menurun drastis. Nilai ini akan tetap demikian dalam setiap tahunnya.

3. Mudah untuk Diuangkan Kembali

Terakhir, keuntungan investasi emas yang selanjutnya adalah emas termasuk barang yang mudah diuangkan kembali dibandingkan properti atau investasi lain. Anda hanya perlu mencari toko emas atau tempat penggadaian untuk menjual atau menggadainya dengan uang tunai. Tapi perlu Anda ingat, jika Anda ingin menjual atau menggadai emas yang niatnya memang ingin Anda investasikan, sebaiknya dilakukan hanya jika Anda dalam keadaan yang sangat penting dan mendesak saja.

Seperti biaya pengobatan atau biaya tidak terduga lainnya, mengapa? Karena saat Anda menjual disaat kondisi harga emas turun, maka keuntungan yang Anda dapatkan akan kecil, bahkan bisa saja Anda merugi.

Sebagai investasi dengan kepemilikan perorangan, proses menguangkan emas kembali tentu lebih mudah. Investasi emas tentu berbeda dengan investasi di bursa saham. Anda akan berkuasa penuh pada emas yang Anda miliki, jadi Anda tidak akan bergantung pada siapapun.

Jika Anda mulai berpikir ingin berinvestasi, rasanya tidak butuh banyak alasan untuk mencoba investasi ini. Apalagi keuntungan investasi emas ini sangat banyak dan resikonya pun kecil, mungkin kalimat itulah yang cocok untuk menggambarkan keuntungan investasi emas saat ini.

Sebelum Anda membeli emas untuk diinvestasikan, perhatikan keasliannya dan haruslah bersertifikat. Dengan berinvestasi emas, nilai uang Anda tidak akan tergerus oleh inflasi yang mungkin saja terjadi. Itu adalah salah satu dari resiko menabung di bank biasa. Jadi, pikirkan kembali tabungan masa depan Anda. Keuntungan investasi emas bisa jadi jawabannya.

Leave a Reply