Cara Menggapai Cita-cita, Lakukan 5 Langkah Ini

Cara Menggapai Cita-cita

Cara Menggapai Cita-cita – Setiap manusia pasti memiliki cita-cita dalam hidupnya. Sejak kecil, Anda pun pasti sudah memiliki cita-cita yang kelak ingin Anda capai. Tidak hanya Anda, keinginan tersebut juga tertanam dalam diri masing-masing setiap orang.

Bisa saja, saat ini Anda masih mengingat cita-cita Anda di masa kecil dahulu. Namun, persoalannya adalah bagaimana cara menggapai cita-cita tersebut?

Memang, semakin Anda tumbuh dewasa, Anda mulai berpikir secara logis bahwa akan ada banyak pertimbangan tentang cara menggapai cita-cita yang harus Anda pikirkan sebelumnya. Tidak jarang, cita-cita itu harus bergeser dengan cita-cita baru yang mungkin lebih rasional untuk dicapai.

Ketika hendak mewujudkannya, terkadang Anda akaan mengalami kendala. Mungkin saja Anda kurang konsisten, sehingga semangat awal yang dulu menggebu-gebu, sedikit-demi sedikit mulai hilang dalam diri Anda.

Untuk itu, ada beberapa hal yang terlebih dahulu harus ditanamkan sebelumnya dalam diri Anda sebagai awal cara menggapai cita-cita Anda. Mungkin Anda sering mendengarnya, namun juga sering Anda lupakan.

Lantas, bagaimana cara menggapai cita-cita? Dan apa saja langkah yang harus Anda lakukan?

1. Bulatkan Niat dalam Hati

Cara menggapai cita-cita yang pertama adalah bulatkan niat dalam hati. Apa sebenarnya niat itu? Niat adalah pondasi dasar dalam diri ketika menggapai cita-cita. Niat dapat diibaratkan sebagai visi kehidupan sebagai dasar harapan luhur yang ingin Anda capai dalam hidupmu.

Harapan? Harapan seperti apa? Harapan dapat diibaratkan sebagai hal yang Anda anggap baik. Anggapan baik ini sebenarnya sangat subjektif, terkadang Anda hanya melihat dari sudut pandang saat ini saja.

Keinginan kuat untuk mewujudkan inilah yang disebut niat. Hal yang dapat Anda lakukan untuk membulatkan niat adalah dengan cara menanamkan dalam pikiran Anda, bahwa keinginan itu adalah hal yang baik untuk Anda nanti. Hal yang baik, tentu berawal dari niat yang tulus.

2. Berpikir Positif

Anda mungkin tidak selamanya di jalur yang mulus, setiap jalan pasti akan ada lubang dan kerikil-kerikil kecil. Cara menggapai cita-cita yang kedua adalah dengan berpikir positif. Dengan berpikir positif, tentu akan membantu Anda tetap yakin bisa menggapainya. Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda tetap berpikir positif?

Realitanya, terkadang Anda masih sering berpikir bahwa saat ini Anda masih terlalu sulit menggapai cita-cita tersebut. Iya, mungkin memang saat ini masih sangat sulit, tapi ingat, semua hal membutuhkan proses. Hal terpenting adalah bagaimana Anda menanggapi semua itu dengan pikiran positif.

Sebelum Anda bisa mengendarai sepeda, apakah Anda bisa mengendarai motor? Proses adalah tahap bagi Anda untuk belajar dan sebagai pengalaman menapaki tahap selanjutnya.

3. Hadapi Masalah

Persoalan selanjutnya adalah kenyataan yang harus Anda hadapi. Ketika Anda berpikir tidak bisa, biasanya Anda akan mengambil opsi untuk menghindari permasalahan yang datang saat itu.

Padahal, cara menggapai cita-cita yang selanjutnya adalah harus berani menghadapi masalah. Kenapa Anda berucap tidak bisa? Tidak ada orang yang hidup tanpa masalah, tidak juga ada orang yang mau hidup dalam masalah. Pada tahap ini, Anda boleh mengesampingkan masalah Anda terlebih dahulu. Ingat, mengesampingkan, bukan menghindari.

Pikirkan hal-hal yang Anda akan dapatkan nanti. Permasalahan saat ini tidak akan lebih besar dari keuntungan yang akan Anda dapatkan nanti.

4. Tetap Bersikap Tenang

Langkah selanjutnya yaitu tetaplah bersikap tenang. Sikap tenang sebenarnya bagian dari cara Anda menghadapi sebuah masalah. Tenang berarti dapat mengendalikan diri dari pikiran-pikiran dan angan-angan yang tidak baik. Tenang dapat membuat Anda berpikir jernih.

Terkadang Anda terlalu merasa kuatir terhadap hal yang akan terjadi. Rasa kuatir, biasanya membuat Anda mengambil keputusan terlalu cepat, tanpa mempertimbangkan berbagai hal.

5. Tetap Fokus dan Konsisten Pada Cita-citamu

Terakhir adalah tetap fokus dan konsisten pada cita-cita Anda. Bukankah konsisten dan fokus itu sama? Tidak, konsisten berarti tetap menjalani pilihan yang Anda ambil, walaupun untuk saat ini keadaanya kurang baik. Sedangkan fokus, yaitu dimana Anda tetap berpikir pada tujuan awal atau cita-cita yang Anda inginkan.

Fokus lebih kepada objek, sedangkan konsisten sebagai sebuah proses. Konsisten lahir karena adanya pilihan yang Anda ambil.

Cita-cita bukan hanya sebatas wacana yang ada dalam schedule hidup Anda. Impikan semua hal yang Anda inginkan saat ini. Tapi ingat semua yang berharga, tentu harus dibayar mahal. Anda dan saya mungkin mempunyai cita-cita yang sama, namun bisa saja Andalah yang lebih dahulu menggapainya.

Saya yang lahir lebih dahulu, belum tentu mendapat jaminan dapat menggapainya lebih awal. Konsistensi yang kuat, tentu akan menempa diri Anda menjadi lebih yakin, fokus dan bijaksana dalam menerima keadaan. Itulah 5 langkah sederhana sebagai cara menggapai cita-cita yang ingin Anda capai. Good luck!

Leave a Reply