Cara Membuat Masker Alami untuk Wajah dengan Bahan Sisa

Cara Membuat Masker Alami untuk Wajah

Cara Membuat Masker Alami untuk Wajah – Membuat masker wajah ternyata tidak harus dengan bahan-bahan baru loh. Makanan atau minuman sisa di dapur pun ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan membuat masker alami. Bahkan, makanan dan minuman sisa ini ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit sista.

Eits, tunggu dulu, tidak semua bahan sisa dapat sista jadikan masker wajah. Berikut ini bahan-bahan dan cara membuat masker alami untuk wajah dari makanan dan minuman sisa. Serunya, sista pun bisa mencobanya sendiri di rumah.

Cara Membuat Masker Alami Untuk Wajah

1. Dengan Susu Basi

Susu yang sudah asam atau basi tentu sangat tidak dianjurkan dikonsumsi. Namun, sista jangan lantas membuangnya begitu saja. sista bisa memanfaatkannya sebagai bahan pembuatan masker wajah. Susu yang sudah asam atau basi ternyata mengandung enzim yang bermanfaat untuk kulit. Bahkan,  khasiatnya mampu menghaluskan kulit wajah sista loh.

Cara membuat masker alami untuk wajah dari susu basi ini cukup mudah. Tidak perlu manambah bahan apapun, sista cukup mengoleskannya ke seluruh permukaan wajah. Setelah itu, diamkan selama 10 – 20 menit. Jika sudah, cuci wajah sampai bersih. Rasakan dan bedakan kulit wajah sista setelah dan sebelum pemakaian. Pasti kulit sista akan lebih terasa lembab dan halus.

2. Dengan Buah Alpukat

Buah alpukat yang terlalu masak atau matang mungkin kurang enak untuk dikonsumsi. Tetapi, jangan buru-buru sista membuangnya ya. Alpukat tersebut ternyata juga bermanfaat untuk menanggulangi permasalahan kulit dan rambut kering loh.

Cara membuat masker alami untuk wajah dengan alpukat ini cukup mudah kok. sista hanya cukup menghaluskan alpukat tersebut, kemudain mengoleskannya ke wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air.

Selain sebagai masker wajah, sista juga bisa menjadikannya sebagai body scrub. Cara ini juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan kulit kusam.

3. Dengan Madu yang Mengkristal

Jika madu sudah terlihat mengkristal dan bertekstur padat, tandanya sudah tidak baik untuk sista konsumsi. Tapi jangan dibuang ya, lebih baik manfaatkan untuk dijadikan masker wajah ya.

Selain mampu melembutkan dan melembabkan kulit, ternyata dapat sista manfaatkan juga untuk rambut kering.

Cara membuat masker alami untuk wajah dan kulit dengan madu yang mengkristal ternyata tidak sulit loh. Cukup tuangkan madu ke bak mandi, setelah itu sista tinggal berendam di dalamnya deh.

4. Dengan Teh Basi

Cara membuat masker alami untuk wajah dan kulit selanjutnya, yaitu dengan teh basi. Manfaat teh basi untuk kesehatan kulit sudah tidak perlu diragukan lagi. Teh basi diyakini mengandung vitamin E yang bermanfaat bagi kulit wajah sista loh. Manfaatnyapun tidak main-main, mulai dari jerawat, menghaluskan, mencerahkan bahkan mengencangkan kulit.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, cukup oleskan ampas teh tersebut ke seluruh permukaan wajah selama 10 – 15 menit. Setelah itu, sista bisa membilasnya dengan air.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Nah, itulah cara membuat masker alami untuk wajah dan kulit dengan bahan makanan dan minuman sisa di dapurmu. Jadi, jika menemukan bahan-bahan tersebut, jangan langsung dibuang ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply