Terungkap! Ini Dia Aturan Cara Makan Sushi yang Benar

Cara Makan Sushi yang Benar

Cara Makan Sushi yang Benar – Anda penyuka sushi? Apakah selama ini Anda yakin sudah melakukan cara makan sushi yang benar?

Sushi adalah makanan khas dari negara Jepang yang sudah mendunia karena kelezatan rasanya. Sushi sendiri merupakan makanan yang terbuat dari nasi lalu dibentuk dan diisi dengan lauk seperti daging, makanan laut atau seafood, sampai sayuran. Nasi pada sushi biasanya memiliki rasa yang agak berbeda dari nasi biasanya karena diberi bumbu dari campuran cuka beras, garam, dan gula.

Walaupun bukan termasuk jenis makanan baru, tetapi ternyata masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara makan sushi yang benar. Perlu diketahui, walaupun sepele, tetapi untuk makan sushi sebenarnya sudah ada cara dan tradisi khasnya sendiri yang harus diperhatikan.

Cara Makan Sushi yang Benar

Sudah banyak artikel yang membahas tentang cara makan sushi yang benar, tapi sebenarnya Anda hanya perlu memperhatikan 4 hal di bawah ini. Apa sajakah itu? Ini dia beberapa petunjuk yang harus Anda perhatikan mengenai tata cara dan aturan cara makan sushi yang benar.

1. Jangan Mencampur Wasabi dengan Saus Kecap

Sushi biasanya dilengkapi oleh wasabi dan saus kecap. Sering pula kebanyakan orang sering mencampurkan wasabinya ke dalam saus kecap. Walaupun cara seperti ini terasa lezat bagi sebagian orang, tetapi menurut tradisi cara ini adalah salah.

Cara makan sushi yang benar seharusnya adalah dengan cara mengoleskan sedikit wasabi ke sushi kemudian sushi tersebut dicelupkan ke dalam kecap.

2. Jangan Mencelupkan Bagian Nasi ke Saus Kecap

Walaupun di poin sebelumnya disarankan untuk mencelupkan sushi ke dalam saus kecap, tapi ternyata dalam aturan cara makan sushi yang benar tidak disarankan kalau yang menyentuh langsung saus kecap tersebut adalah bagian nasinya.

Hal ini dikarenakan, berbeda dengan nasi pada umumnya, nasi yang digunakan untuk sushi memang memiliki tekstur yang lebih lembut, sehingga saat dicelupkan ke saus kecap yang mempunyai tekstur cair akan menyebabkan bentuk nasi tersebut menjadi hancur dan berantakan.

3. Jangan Memesan Sushi untuk Dibawa Pulang

Satu lagi petunjuk cara makan sushi yang benar adalah cukup unik yaitu tidak membawa sushi ke rumah atau tidak memesan sushi untuk dibawa pulang. Kenapa? Karena sushi merupakan makanan yang mengunggulkan kesegaran. Cita rasanya yang segar tersebutlah yang akan orang rasakan ketika memakan makanan tersebut secara langsung.

Ketika sushi dibawa di perjalanan atau dibawa pulang ke rumah, kesempurnaan dalam menyantap sushi tersebut akan terasa biasa karena tampilan dan kesegarannya telah berkurang.

4. Tidak Harus Menggunakan Sumpit

Cara makan sushi yang benar tidak mengharuskan untuk menggunakan sumpit. Walaupun sushi adalah makanan yang berasal dari Jepang, bukan berarti kita harus mengikuti budaya masyarakat Jepang yang selalu makan dengan menggunakan sumpit. Apalagi terkadang sangat sulit untuk menggunakan sumpit karena tidak terbiasa.

Tidak perlu khawatir, tradisi makan sushi tidak mewajibkan menggunakan sumpit. Kita tetap dapat menyantapnya dengan menggunakan tangan atau garpu.

Itulah beberapa petunjuk yang bisa diikuti tentang cara makan sushi yang benar. Sudahkah Anda melakukannya dengan benar selama ini?

Leave a Reply