Cara Atasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Cara Atasi Rambut Rontok

Cara Atasi Rambut Rontok – Setiap wanita pasti pernah mengalami masalah rambut rontok. Sebenarnya, kerontokan adalah hal yang wajar. Kehilangan beberapa helai rambut setiap harinya pastinya pernah dialami setiap orang. Namun, jika kerontokan yang Anda alami berlebihan, tentu bisa menjadi permasalahan yang serius.

Kerontokan sebenarnya bisa diatasi. Namun, sebelum membahas bagaimana cara alami atasi rambut rontok dengan bahan alami, ada baiknya kita mengenal penyebab rambut rontok dahulu. Faktor eksternal seperti asupan gizi yang kurang baik ternyata juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Karena asupan yang kurang dapat membuat helai rambut menjadi lebih tipis dan mudah rapuh.

Penyebab Rambut Rontok

Rambut wanita yang sering mengalami proses kimia di salon juga rentan mengalami kerontokan. Proses kimia yang sering dilakukan, seperti mewarnai rambut dan melakukan pencatokan secara permanen adalah salah satu penyebabnya. Aktifitas tersebut bisa mempercepat batang rambut menjadi lebih mudah patah.

Tekanan psikologis seperti stres juga menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Penyebab ini biasanya sering dialami wanita. Wanita yang mengalami tekanan psikologis, lebih mudah mengalami kerontokan. Nah, setelah mengetahui penyebabnya, berikut ini cara atasi rambut rontok dengan bahan alami.

Cara Atasi Rambut Rontok

1. Lidah Buaya

Lidah buaya diyakini mampu mengembalikan tekstur kulit. Tanaman ini juga sangat mudah dijumpai di daerah tropis. Lidah buaya sudah dikenal karena beragam manfaatnya, termasuk untuk kesehatan rambut. Tidak heran, banyak sekali produk perawatan rambut yang saat ini diproduksi menggunakan ekstrak lidah buaya. Kandungan yang terdapat di dalamnya juga menjadi salah satu bahan alami atasi rambut rontok. Kandungan dari lidah buaya diyakini mampu mengembalikan tekstur sel-sel kulit kepala yang rusak dan membentuk kembali sel-sel jaringan rambut agar lebih sehat.

Bagaimana cara alami atasi rambut dengan lidah buaya? Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu memotong daun lidah buaya dan ambil daging. Setelah itu, Anda dapat mengusapkannya ke pangkal rambut hingga ujung rambut secara merata. Diamkan kurang lebih 15-20 menit. Jika sudah, Anda dapat bilas dengan air bersih.

2. Teh Hijau

Kandungan antioksidan dari teh hijau bukan hanya memberikan manfaat untuk diet dan kesehatan tubuh. Teh hijau diyakini juga berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok. Bagaimana cara menggunakanya? Cukup seduh dua kantung teh hijau dengan air hangat. Kemudian oleskan ke kulit kepala dan rambut dengan merata. Setelah itu, cukup diamkan selama satu jam. Kemudian bilaslah dengan air bersih.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan ini menjadi alasan utama mengapa banyak produk perawatan rambut menggunakan jeruk nipis sebagai bahan utamanya. Bagaimana cara menggunankannya? Anda hanya perlu memotong jeruk nipis menjadi dua bagian. Kemudian oleskan potongan jeruk tadi pada rambut. Jika sudah, Anda dapat membilasnya dengan air. Karena kandungan pH pada jeruk nipis cukup tinggi, sebaiknya Anda lakukan sekali saja dalam sebulan.

4. Alpukat

Alpukat memiliki protein yang  tinggi untuk pertumbuhan rambut secara alami. Kandungan protein pada alpukat juga bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Tidak heran jika banyak produk creambath yang berbahan utama alpukat. Cara penggunaan: Haluskan alpukat, kemudian oleskan pada rambut. Jika sudah, diamkan kurang lebih 20 hingga 30 menit. Kemudian bilas dengan air.

5. Minyak Kemiri

Minyak kemiri sudah terkenal sejak dahulu sebagai penumbuh kumis, jenggot, termasuk rambut. Untuk bisa mendapatkan minyak kemiri, Anda tidak perlu bersusah payah. Saat ini, sudah banyak minyak kemiri sudah kemasan yang  tinggal pakai.

Bagaimana cara atasi rambut rontok dengan bahan alami di atas? Sangat mudah bukan? Selain alami, bahan-bahan di atas juga sangat mudah untuk Anda dapatkan. Tertarik mencobanya?

Leave a Reply