Cafe Batavia Jakarta, Cafe Cantik di Kota Tua

Cafe Batavia Jakarta

Cafe Batavia Jakarta – Cafe Batavia Jakarta adalah sebuah tempat dimana kita bisa menikmati nuansa kolonial sambil menikmati hidangan yang sangat menggoda selera.

Cafe yang berdiri sejak tahun 1993 ini menempati bangunan bergaya kolonial Belanda yang sudah berusia 200 tahun. Bangunan Cafe Batavia Jakarta ini sendiri merupakan bangunan tertua kedua setelah Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah) yang terletak tepat di seberangnya.

Saat memasuki cafe ini, kita akan disambut oleh waiter dan waitress yang berpakaian semi baju adat betawi dan kebaya tetapi dalam nuansa sedikit modern. Tidak heran, jika nuansanya yang sangat kebetawi-betawian, membuat cafe ini diberi nama Cafe Batavia Jakarta. Batavia sendiri adalah nama lama dari kota Jakarta pada masa Hindia Belanda.

Setelah itu, kita akan ditanya ingin duduk di smooking area atau di non-smooking area. Lantai 1 untuk smooking area dan lantai 2 untuk non-smooking area. Saya dan sahabat saya, Zahra, akhirnya memilih untuk duduk di lantai 2. Tetapi, sebelum ke lantai 2, saya akan membahas suasana lantai 1 dari Cafe Batavia Jakarta ini terlebih dahulu.

1. Lantai 1 Cafe Batavia Jakarta

Di lantai 1, kita disuguhkan oleh nuansa cafe. Selain itu, ada juga panggung kecil yang biasanya diisi oleh alunan live music. Berhadapan dengan panggung, kita bisa menikmati suasana bar di masa lalu. Winston Churchill, nama mantan Perdana Menteri Inggris ini dipakai untuk menamai bar di lantai 1 Cafe Batavia Jakarta ini.

Nuansa cafe ini memang sangat seperti namanya yaitu Cafe Batavia Jakarta, kita akan disuguhi pajangan atau hiasan-hiasan yang kental dengan era Jakarta di abad 19-an dengan sedikit sentuhan modern. Di beberapa bagian dinding cafe diisi oleh foto-foto para tokoh dari zaman kolonial Belanda hingga foto proklamator Sukarno, juga berbagai foto seniman, artis, dan musisi.

Pajangan, lukisan, dan semua hiasannya membuat kita semakin penasaran dengan setiap sudut ruangan di cafe ini. Bagi yang ingin mengobrol santai di cafe yang terbilang cukup tenang dengan nuansa yang etnic dan suasana yang sangat nyaman, sangat direkomendasikan untuk memilih Cafe Batavia Jakarta ini untuk bersantai.

Ya, beberapa minggu yang lalu, saya merasa butuh hawa segar dan ingin mendatangi suatu tempat yang belum pernah saya datangi untuk mengobrol santai dengan sahabat saya yang sudah lama tidak bertemu. Akhirnya saya memilih Cafe Batavia Jakarta ini untuk menghabiskan waktu di sore itu.

2. Lantai 2 Cafe Batavia Jakarta

Naik ke lantai 2, kita akan menaiki tangga besar yang terbuat dari kayu jati dan dinding yang lagi-lagi dipenuhi oleh foto-foto para tokoh, artis, dan musisi dari berbagai negara.

Di lantai 2 kita akan menemukan nuansa yang berbeda. Ruangan di lantai 2 Cafe Batavia Jakarta ini bernuansa restoran yang masih bergaya “tempo doeloe”.

Sambil menikmati hidangan, kita juga bisa menyaksikan pemandangan suasana Taman Fatahillah lewat deretan jendela besar. Selain itu, terdapat juga hiasan berupa cermin besar yang sangat etnic di lantai 2. Tentunya, kami pun tidak lupa untuk berfoto-foto disana.

Kami juga memilih menu yang cukup sederhana tapi menarik untuk menemani obrolan kami, yaitu teh hangat dan dimsum. Pelayanan Cafe Batavia Jakarta ini juga cukup baik dengan waiter dan waitress yang siap kita panggil kapan saja bila kita membutuhkan bantuan. Dan tidak lupa, mejanya pun ikut dipermanis dengan taplak meja khas “tempo doeloe” dan bunga yang sangat manis.

Untuk urusan menu makanan, Cafe Batavia Jakarta menyajikan hidangan chinese food dan menu-menu western. Selain itu ada pula tambahan menu lokal Indonesia. Penasaran bukan?

Langsung saja kunjungi:

Cafe Batavia Jakarta

Taman Fatahillah – Kota Tua, Jl. Pintu Besar Utara No. 14, Jakarta Barat.
Phone: (021) 6915531.
Buka Setiap: Senin – Kamis: 08:00 – 00:00 WIB. Jumat: 08:00 – 01:00 WIB. Sabtu: 07:00 – 01.00 WIB. Minggu / Tanggal Merah: 07:00 – 00.00 WIB.

Instagram: https://www.instagram.com/cafe_batavia.

Selamat berkunjung!

Leave a Reply