Blog Coaching Clinic by Blogger Perempuan

Blog Coaching Clinic by Blogger Perempuan (0)

Blog Coaching Clinic by Blogger Perempuan – Haiii! Setelah sekian lama tidak menulis di blog ini, akhirnya punya sedikit waktu untuk bercerita tentang kegiatan saya di awal bulan kemarin bersama teman-teman dari komunitas Blogger Perempuan.

Tepatnya tanggal 2 September 2017 lalu, saya mendatangi event yang diadakan oleh Blogger Perempuan, yaitu Blog Coaching Clinic. Sebenarnya kegiatan ini sudah berlangsung lebih dulu di kota-kota lain seperti Surabaya, Jember dan lain-lain, tapi kali ini akhirnya diadakan di Jakarta. Yeay! Nah karena peserta di Jakarta pun sangat banyak, akhirnya kegiatan ini dibagi ke dalam beberapa batch dan Alhamdulillah saya terpilih untuk mengikuti Batch 1 Blog Coaching Clinic di Jakarta ini hehe.

Acara ini diadakan di Mozilla Community Space, Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Sangat senang bisa ikut hadir dalam acara ini karena saya baru pertama kali datang ke Mozilla Community Space. Mozilla Community Space merupakan nama tempat untuk berkumpulnya komunitas-komunitas di Indonesia dan pemiliknya tentu saja adalah Mozilla Indonesia. Tempat ini dikelola dan diurus oleh volunteer-volunteer dari Mozilla Indonesia itu sendiri.

Blog Coaching Clinic by Blogger Perempuan

Ya, langsung saja mulai ke acaranya. Acara ini dimulai pukul 14.00. Saya berangkat dari Bogor dengan commuter line lalu lanjut ojek online menuju venue. Sesampainya di sana, saya adalah peserta kedua yang sudah hadir di sana (wow sangat rajin haha). Di sana, saya berkenalan dengan mbak Aisyah Damar yang datang lebih dulu daripada saya. Mbak Aisyah Damar ini adalah pemilik blog damaraisyah.com ^^

Kami memilih duduk di paling depan supaya lebih jelas melihat layar proyektor nanti. Setelah asik mengobrol, akhirnya peserta lainnya mulai berdatangan. Lalu saya berkenalan dengan mbak Mpo Ratne (mporatne.com), lalu di belakang saya ada mbak Nurul (nurulsufitri.com), mbak Icha (sepedakwitang.wordpress.com), lalu ada juga mbak Gesang (gesangsari,com) dan masih banyak lagi.

Blog Coaching Clinic by Blogger Perempuan (3)

Acara pun dimulai dengan sambutan dari volunteer pengurus Mozilla Community Space. Selanjutnya, langsung dibuka oleh presentasi dari mbak Almazia (almazia.co) tentang “Empower Female Blogger”. Mbak Almazia adalah salah satu Co-Founder Blogger Perempuan. Mbak Almazia bercerita mengenai visi misi dan awal dibentuknya Blogger Perempuan. Blogger Perempuan yang awalnya dibentuk untuk komunitass para blogger-blogger perempuan dari seluruh Indonesia, kini sudah lebih dari 3000 anggota di dalamnya, bahkan tidak hanya blogger dalam negeri saja tapi juga luar negeri! Kini, Blogger Perempuan pun sudah menjadi sebuah startup yang kegiatannya antara lain yaitu, blog post update, blogger directory, komunitas di facebook group, workshop, hingga partnership dengan berbagai brand.

Blog Coaching Clinic by Blogger Perempuan (1)

Sedikit cerita, awal mula saya bergabung dengan Blogger Perempuan ini yaitu ketika saya sedang blog walking ke blog teman-teman blogger saya dan menemukan blog teman saya yang memasang banner Blogger Perempaun di sidebar blognya. Saya pun penasaran dan mulai membuka websitenya, daftar, lalu join juga dengan grup facebook-nya dan hingga saat ini saya terus mengikuti kegiatan-kegiatan dari Blogger Perempuan ini.

Selanjutnya yaitu presentasi dari mbak Shintaries (shintaries.com). Mbak Shintaries juga adalah salah satu Founder dari Blogger Perempuan. Sebenarnya masih ada satu lagi Founder dari Blogger Permepuan ini yaitu mbak Alaika Abdullah (alaikaabdullah.com), tetapi mbak Alaika sedang berhalangan hadir karena posisinya berada di Bandung.

Mbak Shintaries memulai presentasinya mengenai inti dari acara hari ini yaitu Blog Coaching Clinic. Beliau memberikan workshop seputar tips dan trik desain blog, tools-tools yang wajib atau biasa digunakan di blog, hingga mengajarkan kami tentang Search Engine Optimization (SEO).

Blog Coaching Clinic by Blogger Perempuan (2)

Walaupun sebelumnya saya sudah pernah belajar tentang SEO, tetapi presentasi ini tetap sangat menarik karena saya jadi banyak mengetahui tips dan trik lainnya tentang SEO yang fresh dan dijelaskan secara detail oleh mbak Shintaries. Tentunya jadi menambah ilmu dan pengalaman baru juga untuk saya.

SEO sangat penting untuk mengoptimasi blog kita di mesin pencarian Google. Tetapi, selain teknik SEO, yang utama adalah konten blog itu sendiri. YES, Content is a King.

Kenapa saya setuju dengan pernyataan tersebut? Di luar saya juga memiliki profesi sebagi Content Specialist, saya pun menyadari kehadiran konten memang sangat penting. Apalagi semenjak Google mengeluarkan algoritma Panda-nya. Pada perilisan algoritma Panda tersebut, Google seakan “menghukum” website-website yang sering menampilkan konten berkualitas rendah. Google mencari website yang mengandung duplikat konten, pemasangan iklan yang memberatkan, serta beragam teknik berbahaya seperti spam (black hat SEO) dan lain-lain. Setelah itu, konten berkualitas tentu dianggap sebagai raja, bahkan berperan sentral dalam analisis dan evaluasi website.

Seperti halnya kita membangun website sebuah company atau media online, tidak hanya teknik SEO yang dibutuhkan, tetapi juga konten yang bermanfaat, readable dan user friendly pun lebih disukai Google. Jika dulu kita masih bisa “mengelabui” Goolge dengan membuat tulisan yang hanya dibuat untuk kebutuhan SEO dan hanya untuk dibaca oleh robot, namun semenjak ada algoritma Panda tersebut, Google pun mulai lebih memilih website yang memiliki konten berkualitas (tidak hanya mengandung kata kunci saja tetapi juga readable dan bermanfaat untuk pembaca) untuk ditampilkan pada halaman pertama Google.

So, itulah mengapa konten itu penting. Konten memang banyak jenisnya. Semakin bagus konten yang kita buat, semakin baik juga pengalaman pembaca dan blog kita pun semakin disukai oleh Google. Maka kesempatan kita untuk menduduki peringkat pertama pun semakin dekat.

Selain itu, tentunya blog kita pun harus didukung dengn optimasi title dan meta deskripsi, bounch rate yang bagus, time on site yang bagus dan desain blog yang responsif. Sebagai seorang blogger, tentunya kita harus mulai sedikit demi sedikit memperhatikan hal-hal tersebut, walaupun saya sendiri pun masih sering kelupaan mengurus blog karena sambil bekerja setiap hari.

Lalu, bagaimana sih cara membuat konten yang baik?

  • Pelajari EYD dasar.
  • Konten harus unik, berupa pengalaman pribadi yang personal.
  • Fokus pada demographic pembaca.
  • Niche konten lebih baik, tapi kategori campur pun tidak masalah.
  • Gunakan gambar yang bagus dan eye catching.
  • Investasi di kamera yang bagus baik smartphone atau mirrorless.

Nah, kurang lebih itulah beberapa ilmu yang disampaikan oleh mbak Shintaries dalam Blog Coaching Clinic Batch 1 di Jakarta ini. Kalau sudah memiliki blog dengan konten yang bagus dan desain yang responsif, tentunya semakin memudahkan kita untuk branding ^^ Untuk apa? Karena melalui blog, kita juga bisa mendapatkan uang loh! Caranya tentu saja dengan melakukan beberapa kegiatan monetize blog, seperti dengan sponsored post, product review, afiliasi, social media campaign, google adsense dan masih banyak lagi.

Wah sepertinya banyak sekali ilmu-ilmu baru yang saya dapatkan dalam acara ini. Oh iya, acara ini juga didukung oleh Sobatku loh!

Blog Coaching Clinic by Blogger Perempuan (4)

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada Blogger Perempuan, mbak Almazia dan mbak Shintaries yang sudah memberikan banyak ilmu. Terima kasih juga kepada teman-teman Blogger Perempuan. Dapat banyak teman baru itu menyenangkan! Semoga semakin banyak lagi acara yang bermanfaat seperti ini yang bisa saya ikuti. Sampai jumpa di post selanjutnya!

11 Replies to “Blog Coaching Clinic by Blogger Perempuan”

  1. Senengnyaa. Hiks aku belum kebagian batch pelatihannya nih. Cant wait nungguin batch berikutnya, pengen banget belajar soal SEO-nya TFs 😀

  2. Terimakasih sudah menuliskan kembali mba…

    Kalo ga yang pernah ikut event…postingan kaya gini bermanfaat banget…

    Wts atau ebi aku masih minim banget penguasaan nya..

Leave a Reply