Apa Bahaya Ibu Hamil Mengkonsumsi Mie Instan?

Bahaya Ibu Hamil Mengkonsumsi Mie Instan

Bahaya Ibu Hamil Mengkonsumsi Mie Instan – Nama mie instan memang cukup populer dan sudah familiar di telinga masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu makanan cepat saji favorit, mie instan kerap berperan sebagai makanan pokok di kala lapar menghadang.

Selain rasanya yang kian bervariasi, harganya pun tergolong murah dan mudah didapat. Diluar keunggulannya tersebut, tentu ada sedikit polemik mengenai efek mengkonsumsi makanan yang satu ini, khususnya bagi ibu hamil.

Memang, tidak hanya ibu hamil saja, dalam kondisi normal pun makanan ini tidak dianjurkan dikonsumsi berlebihan. Hal yang mendasar adalah persoalan gizinya yang dianggap kurang seimbang. Mie instan mengandung pati, banyak garam (natrium), monosodium glutamat (MSG), serta beberapa vitamin dan mineral, namun jumlah vitamin dan mineralnya tidak seberapa.

Natriumnya yang tinggi tentu kurang baik apabila dikonsumsi secara terus menerus. Efek buruknya yaitu hipertensi atau meningkatnya tekanan darah tinggi. Kandungan MSG atau vetsin juga dapat menimbulkan berbagai keluhan bagi beberapa orang. Gangguan tersebut bisa seperti mual, pusing, ganguan tidur dan gangguan lambung. Dari beberapa sumber yang beredar, MSG sendiri tidak baik apabila dikonsumsi melebihi 12 gram per harinya.

Lantas, Apa Bahaya Ibu Hamil Mengkonsumsi Mie Instan?

Seperti yang diulas Mediskus.com, ternyata mie instan boleh dikonsumsi ibu hamil. Asalkan, frekuensi dan cara penyajiannya sesuai prosedur. Konsumsi mie instan pun tidak boleh dijadikan makanan pokok setiap hari. Maksimal mie dapat dikonsumsi hanya dengan rentan waktu 2 minggu sekali.

Secara umum, efek atau bahaya mengkonsumsi mie instan tidak hanya untuk ibu hamil saja, tapi juga berlaku untuk semua golongan, baik muda, tua, pria dan wanita. Yang harus digarisbawahi, ibu hamil tentu sangat membutuhkan makanan bergizi, lantas mengapa harus mengkonsumsi mie instan yang kandungan gizinya pun tidak seberapa, bahkan minim.

Jika memang terpaksa atau ingin mengkonsumsi mie instan, berikut ini beberapa tips penyajian mie instan agar sedikit lebih aman.

Tips Memasak Mie Instan yang Baik

Kandungan garam natrium yang terdapat pada bumbu tentu kurang baik untuk kesehatan. Untuk itu, gunakan setengahnya saja dalam setiap porsi sajian. Selanjutnya gunakan bumbu dapur sebagai tambahan rasa pada mie.

Jangan pula mengkonsumsi mie instan dalam kondisi polos, ada baiknya tambahkan jenis makanan lain yang memiliki gizi lebih, seperti telur, ayam, udang, ikan, sayuran hijau, ataupun wortel. Sebab, penyajian mie instan polos tentu gizinya tidak seberapa.

Saat memasak mie, pastikan air yang digunakan lebih banyak, dan saat matang, buanglah air rebusannya. Gunakan air masak baru untuk kuahnya (apabila mie kuah). Hal ini bertujuan agar zat-zat kimia dalam rebusan mie kering tadi bisa terbuang.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan mie instan? Tentu saja boleh, asal proses pemasakannya tetap memperhatikan hal-hal anjuran seperti di atas. Namun, ada baiknya ibu dalam kondisi hamil mengkonsumsi makanan yang bergizi dan baik untuk bayi dalam kandungan. Untuk apa mengkonsumsi makanan dengan gizi rendah, jika ibu bisa mengkonsumsi makanan dengan gizi yang lebih baik? Semoga bermanfaat.

Leave a Reply